kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembang besar merambah Makassar


Rabu, 21 Maret 2018 / 12:30 WIB
Pengembang besar merambah Makassar


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk wilayah Indonesia bagian tengah, Makassar menjadi salah satu barometer ekonomi Indonesia. Maklum, geliat petumbuhan ekonomi di wilayah ini mulai terasa. Salah satu parameternya adalah mulai maraknya proyek properti.

Bagaimana tidak, pengembang besar terus melakukan ekspansi di kota yang terkenal dengan kudapan sop konro ini. Sebut saja Ciputra Group, Grup Lippo, Grup Agung Podomoro, dan lainnya. Terbaru, Ciputra Group merilis proyek di atas pulau buatan.

Ciputra Group melalui Sub Holding 2 mengembangkan proyek reklamasi bertajuk Citraland City Losari. Proyek ini resmi diluncurkan pada 16 Maret 2018 lalu, meski sudah mulai dikenalkan sejak tahun 2015 dengan pemasaran tanah kavling. Dengan peluncuran itu, Ciputra Group akan melanjutkan pemasaran produk-proyek hunian maupun komersial di kawasan tersebut.

Jika sebelumnya Ciputra baru meluncurkan kavling di dua kluster, yaitu Sunset Cove dan Sunset Cove 8 sebanyak 339 unit, maka pada semester II-2017 lalau sudah mulai diperkenalkan rumah lewat kluster Treasure Island sebanyak 105 unit.

"Kluster rumah ini kami pasarkan bertahap. Tahap pertama 50 unit pada tahun lalu yang dijual seharga Rp 2 miliar-Rp 5 miliar dengan tipe terkecil 125/104 m dan sisanya tahun ini," kata Sinyo Pelealu, Direktur Cipura Group kepada KONTAN, baru-baru ini.

Menurut Sinyo, pasar properti di Makassar masih prospektif. Alasannya, dari unit-unit yang ditawarkan di Citraland City Losari cukup diminati pasar. Alhasil, produk-produk yang akan diluncurkan di proyek tersebut optimistis akan diserap pasar. Pun dari sisi perkembangan harga lahan di proyek reklamasi sudah meningkat dari Rp 9 juta per m pada tahun 2015. Kini, harganya sudah mencapai Rp 12 juta -Rp 15 juta per m.

Sejatinya, bukan hanya proyek reklamasi, pada semester I-2017 lalu, Ciputra Group meluncurkan proyek perumahan baru di Makassar bertajuk Tallasa City. Bahkan, tiga kluster pertama yang dirilis kala itu ludes terjual.

Pengembang besar lainnya, PT Summarecon Agung Tbk juga akan menancapkan kakiknya di Makassar. Prusahaan berkode emiten SMRA di bursa itu akan mengembangkan lahan seluas 170 ha, dekat dengan bandara. Namun, Adrianto P Adhi, Direktur Utama SMRA sebelumnya belum bisa memastikan apakah proyek ini akan bisa segera diluncurkan, meskipun perusahaan berharap bisa direlisasikan tahun ini. Rencananya, dalam pengembagan proyek tersebut, Summarecon berkolaborasi dengan Mutiara Properti Group dengan kepemilikan 51%.

Bambang Sulistiyono, Marketing Manager Century21 Makassar menyebutkan, saat ini ada beberapa pengembang besar yang sudah bermain di Makassar. Selain Ciputra Group lewat beberapa proyeknya, ada juga Lippo yang sudah hadir sejak lama dengan pengembangan di Tanjung Bunga dan BSA Land. Adapun pengembang lokal yang cukup besar saat ini ada sekitar empat pemain. "Semakin gencarnya pengembang besar melakukan ekspansi di Makassar tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi kota tersebut yang terus meningkat sejak tahun 2015," jelasnya.

Meski demikian, pasar properti di Makassar dalam dua tahun terakhir masih didominasi oleh segmen menengah ke bawah dengan harga dibawah Rp 500 juta per unit. Pasar tersebut kebanyakan masih diramaikan end user yang sedang membutuhkan hunian. Tahun 2017, penjualan Century21 Makassar memang mengalami pertumbuhan dari tahun sebelumnya.

Cuma, menurut Bambang, hal itu lebih dikarenakan kebutuhan rumah untuk ditinggali yang terus bertambah. Selain itu didukung kemudahan dari pengembang baik dari sisi pembayaran dan uang muka yang lebih ringan. "Kalau pasarnya sebenarnya belum cukup membaik karena masih didominasi end user," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×