Pengguna KRL menembus rekor 1 juta per hari

Selasa, 09 Mei 2017 | 22:54 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pengguna KRL menembus rekor 1 juta per hari


JAKARTA.  PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mencatat pencapaian baru pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek, Senin (8/5). Jumlah pengguna yang dilayani pada hari tersebut mencapai 1.014.631 pengguna.

Angka ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya pada tanggal 5 Mei 2017 lalu, tercatat 1.014.696 pengguna yang sekaligus menjadi catatan tertinggi sepanjang sejarah beroperasinya KRL di Indonesia.

Rekor tersebut sejalan dengan tren sejak pemberlakuan jadwal baru KRL pada April 2017 dimana pengguna KRL terus bertambah jumlahnya, hingga rata-rata mencapai lebih dari 950 ribu pengguna tiap hari. Selama satu bulan terakhir tren penambahan volume penumpang terjadi merata di seluruh stasiun.

"Jumlah 1 juta pengguna ini adalah cerminan kepercayaan dan apresiasi masyarakat Jabodetabek pada PT KCJ yang senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan dan kapasitas angkut KRL. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jabodetabek dan para pemangku kepentingan atas dukungannya terhadap transportasi publik, khususnya KRL," ungkap Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila, Selasa (9/5).

Dalam beberapa tahun terakhir PT KCJ memang terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para pengguna untuk terus memberikan yang terbaik pada transportasi KRL.

Untuk menambah kapasitas angkut sejak awal 2016 KCJ mulai menjalankan program perpanjangan rangkaian dengan mengoperasikan KRL yang memiliki formasi 12 kereta (SF12) per rangkaian. Sejalan dengan itu rangkaian KRL dengan formasi 8 kereta (SF 8) terus dikurangi dengan merangkai ulang sejumlah KRL yang terdiri dari 8 kereta menjadi rangkaian dengan formasi 12 kereta dan 10 kereta.

Dari program perpanjangan KRL yang telah dilakukan sejak akhir tahun 2015 hingga kini PT KCJ telah mengoperasikan 18 rangkaian armada KRL yang terdiri dari 12 kereta (SF 12) dan 31 armada krl yang terdiri dari 10 kereta (SF 10) per rangkaian. Inovasi di sisi sarana KRL juga dilengkapi dengan perbaikan metode perawatan dan program pengadaan suku cadang.

Sementara untuk fasilitas pelayanan PT KCJ bersama PT KAI juga terus menambah dan memperbaiki fasilitas umum yang ada di stasiun seperti pembangunan toilet, Musholla dan pos kesehatan.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru