Penumpang Lion air menumpuk di Banjarmasin

Kamis, 09 Februari 2017 | 14:32 WIB Sumber: Antara
Penumpang Lion air menumpuk di Banjarmasin


BANJARBARU. Dua pesawat maskapai Lion Air mengalami kerusakan di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (9/2). Ini menyebabkan ratusan calon penumpang menumpuk di bandara. 

Area Manajer Lion Air Kalselteng Agung Purnama di Banjarbaru, Kamis membenarkan kerusakan dua pesawat akibat gangguan teknis sehingga tidak bisa mengangkut ratusan penumpang.

"Dua pesawat mengalami gangguan teknis sehingga penumpang tidak bisa diangkut sesuai jadwal dan terpaksa diberangkatkan menggunakan pesawat pengganti," ujarnya, Kamis (9/2). 

Pesawat Lion Air pertama yang mengalami gangguan teknik yakni pesawat dengan nomor penerbangan JT 321 tujuan Jakarta yang dijadwalkan berangkat pukul 06.05 Wita.

Dijelaskan, akibat gangguan teknik itu, pesawat tidak bisa diterbangkan dan 180 calon penumpang terpaksa harus menunggu lebih dari empat jam sebelum diberangkatkan.

"Kami mengutamakan keselamatan penerbangan sehingga pesawat yang mengalami gangguan teknis diperbaiki dan penumpang diterbangkan pesawat pengganti pukul 11.35 Wita," ucapnya.

Menurut dia, sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 tahun 2015, seluruh calon penumpang mendapat uang kompensasi dan makanan.

"Penumpang tetap diberangkatkan dan mendapat uang kompensasi sebesar Rp 300.000per orang termasuk makanan. Itu semua sebagai tanggungjawab kami melaksanakan Permenhub," ujar dia.

Sementara itu, pesawat Lion Air kedua yang mengalami kerusakan juga akibat gangguan teknis adalah JT 323 tujuan Jakarta dengan jadwal keberangkatan semula pukul 09.00 Wita.

"Kami juga mendatangkan pesawat pengganti dan penumpang sebanyak 170 orang diberangkatkan pukul 12.00 Wita dengan kompensasi berupa makanan dan minuman," katanya.

(Yose Rizal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru