kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyerapan Investasi Kawasan JIIPE diharapkan bisa mencapai Rp 83,2 triliun


Sabtu, 10 Maret 2018 / 22:38 WIB
Penyerapan Investasi Kawasan JIIPE diharapkan bisa mencapai Rp 83,2 triliun
KAWASAN INDUSTRI JIIPE GRESIK


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - GRESIK. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan kawasan industri Java Integrated Industrial Ports and Estate (JIIPE) bisa penyerapan investasi hingga Rp 83,2 triliun.

Dia menyebutkan, saat ini sudah ada delapan perusahaan yang berinvestasi. Rinciannya, dua perusahaan telah beroperasi, dua perusahaan lain masih dalam proses pembangunan pabrik, dan sisanya akan mulai pembangunan.

Targetnya, lanjut Airlangga, kawasan JIIPE bisa menampung sebanyak 183 industri, utamanya dari industri berat, industri berbasis kelapa sawit, industri otomotif, dan industri kecil dan menengah (IKM).

"Jawa Timur merupakan salah satu provinsi berbasis manufaktur karena industri yang ada mampu berkontribusi terhadap perekonomian daerah sebesar 40% , tertinggi setelah Banten dan Jawa Barat," ujar Airlangga dalam paparannya di Gresik, Jumat (9/3).

Sebagai gambaran, kawasan industri JIIPE terintegrasi dengan adanya pelabuhan, perumahan serta memiliki kantor pengelola dan tersedianya pembangkit tenaga listrik sebesar 23 Megawatt yang mulai beroperasi pada November 2017.

Selain itu, kawasan tersebut juga didukung dengan adanya Water Treatment Plant, jaringan pipa gas yang saat ini sudah terkoneksi dengan pipa gas Perusahaan Gas Negara (PGN), sistem telekomunikasi dengan fiber optik, dan internet broadband, serta pelabuhan yang diharapkan bisa menurunkan biaya logistik dan biaya produksi.

Salah satu infrastruktur yang diharapkan bisa mendongkrak penyerapan investasi di kawasan tersebut adalah Terminal Manyar Pelabuhan Gresik. Pelabuhan itu dirancang dengan multipurpose yang mampu memfasilitasi bongkar muat curah kering, curah cair, general cargo, dan peti kemas.

Menurut Airlangga, Terminal Manyar mampu disandari oleh kapal - kapal berukuran besar mencapai 100.000 DWT.

Ke depan, infrastruktur kawasan industri JIIPE akan mengalami penambahan dan peningkatan beberapa infrastruktur, seperti pelebaran jalan Daendels, penyambungan rel kereta api sepanjang 11 km dari Stasiun Duduk Sampeyan sampai masuk ke lokasi JIIPE.

Lebih lanjut, jalan tol Krian - Legundi - Bunder - Manyar bisa terkoneksi dengan JIIPE.

Beroperasinya kawasan industri JIIPE diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada Jumat (9/3).

Dalam kesempatan itu, mereka juga meresmikan sebanyak 11 kapal Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung program Tol Laut yaitu satu unit Kapal Perintis ukuran 2.000 GT, lima unit Kapal Perintis ukuran 1.200 GT, dua unit Kapal Kontainer 100 teus, satu kapal ternak kapasitas ternak 500 ekor, satu unit kapal kelas 1 kenavigasian, serta satu unit kapal latih untuk mendukung kegiatan belajar siswa di Politeknik Pelayaran Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×