kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perjalanan 28 kereta jarak jauh dibatalkan mulai 1 April, ini daftarnya


Minggu, 29 Maret 2020 / 11:59 WIB
Perjalanan 28 kereta jarak jauh dibatalkan mulai 1 April, ini daftarnya
ILUSTRASI. Petugas melakukan penyemprotan di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terus meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di tanah air, membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengambil kebijakan melakukan pembatalan perjalanan kereta api . Ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona.

Hal ini pun sesuai dengan arahan pemerintah, yakni masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya di luar rumah.

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, khusus di Daop 1 Jakarta, terdapat 28 kereta api yang akan mengalami pembatalan perjalanan di tahap kedua, dalam kurun waktu 1 April sampai dengan 1 Mei 2020 untuk keberangkatan kereta jarak jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Baca Juga: Cegah corona, Kemenhub batasi proyek perkeretaapian yang libatkan banyak pekerja

Meski terdapat beberapa pengurangan jadwal, Daop 1 Jakarta memastikan bahwa jarak antar penumpang di kereta tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas. Saat ini volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal bahkan jauh menurun. Untuk stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta rata-rata terdapat penurunan volume hingga 70%.

"Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan kereta pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100% di luar bea pesan," ujar Eva dalam siaran resmi, Minggu (29/3).

Eva mengatakan, kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan kereta lainnya. Namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal kereta api yang lain secara mandiri.

"Sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, tentunya seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal kereta yang dibatalkan sudah diberikan informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan," katanya.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau agar calon penumpang melakukan pembatalan tiket secara online di aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, proses pembatalan juga dapat dilakukan di loket stasiun pembatalan yang ditentukan, yaitu Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang.

Menurut Eva, kebijakan pengurangan jadwal perjalanan ini akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan, seiring upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang terus dilakukan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta.

Baca Juga: Pemudik dari Jabodetabek yang pulang ke Solo diminta melapor




TERBARU

[X]
×