kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan startup Indonesia produksi kapal pelat datar


Senin, 14 Mei 2018 / 16:25 WIB
Perusahaan startup Indonesia produksi kapal pelat datar


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapal Pelat Datar GT 20 dan GT 29 temuan tim dari Universitas Indonesia (UI) sudah selesai diproduksi dan resmi diluncurkan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, baru-baru ini. 

Kapal pelat datar ini diproduksi oleh PT. Juragan Kapal Indonesia yang merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang produksi perkapalan dan berkolaborasi dengan jurusan Teknik Perkapalan UI. 

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan, penelitian yang dilakukan oleh UI ini merupakan sebuah inovasi baru. Untuk menunjang produk inovasi ini, Nasir mengatakan bahwa fasilitas yang dimiliki harus ada, misalnya untuk bahan bakar bisa juga berinovasi menggunakan bahan bakar gas. Ia menghimbau agar penelitian dengan industri harus dilakukan secara berkesinambungan. 

"Dalam inovasi harus menerapkan disruptive innovation, supaya inovasi berkembang tidak di pangkas karena aturan. Untuk itu inovasi harus kita coba fasilitasi," tutur Nasir dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (14/5).

Nasir berharap kapal-kapal ini dapat diproduksi massal dan dapat digunakan secara luas oleh nelayan Indonesia, sehingga dapat meningkatkan daya saing para nelayan dan memperkuat sektor maritim Indonesia. 

Sementara itu, Wakil Rektor UI bidang Inovasi dan Riset Rosali Saleh berharap agar dosen-dosen UI mampu membuat penelitian ke arah publikasi dan komersil dan berguna bagi masyarakat. 

Kapal pelat datar merupakan teknologi kapal inovatif yang menggunakan baja sebagai material utama. Kapal ini dikonstruksi dengan pelat-pelat baja datar dan tidak melewati proses pelengkungan pelat. Teknologi ini menghasilkan produk yang diproduksi lebih cepat dan ekonomis. Material baja yang dipakai juga akan memudahkan nelayan-nelayan kecil bisa melaut lebih jauh dengan ukuran kapal yang lebih besar.

Spesifikasi kapal pelat datar ini  berdimensi panjang 15,5 meter dan lebar 4 meter dengan tonase 28 GT. Kapasitas tangki bahan bakar 16,4 ton dan memiliki tangki air tawar 7,5 ton. Kapasitas memiliki ruang penyimpanan ikan sebesar 20 m3 dan ruang air blast freezer 8 m3. Jumlah kru yang bisa diangkut sebanyak 10-13 orang, serta ruang kapal dilengkapi dengan 1 kamar mandi dan dapur. Perlengkapan navigasi dan telekomunikasi yaitu kompas, GPS, echo sounder, VHF radio, dan SSB radio masing-masing satu unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×