INDUSTRI
Berita
Produsen BlackBerry rangkul developer lokal

DEVELOPER BLACKBERRY

Produsen BlackBerry rangkul developer lokal


Telah dibaca sebanyak 845 kali
Produsen BlackBerry rangkul developer lokal

JAKARTA. Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry akan mengadakan workshop pengembang aplikasi (developer) di Indonesia. Program ini akan diselenggarakan di Jakarta pada (24/3) dan di Bali pada (7/4).

Workshop di Jakarta dan Bali ini merupakan lanjutan dari workshop RIM yang sudah dilakukan sebelumnya di tiga kota di Indonesia. Dalam workshop ini, developer akan mendapatkan informasi tentang pengembangan aplikasi, konten, termasuk untuk memasukan aplikasi ke dalam perangkat, hingga menjualnya ke pasar global.

Sebelumnya, RIM telah mengadakan workshop di tiga kota besar di Indonesia, yakni Bandung (3/3), Malang (10/3), dan Yogyakarta (17/3). Workshop RIM ini disampaikan oleh pembicara lokal dan perwakilan RIM Asia Pasifik.

"Developer Indonesia juga mendapat kesempatan berbagi tentang konsep aplikasinya dan kesulitannya dalam mengembangkan aplikasi," jelas Sarim Azis, Lead for Developer Relation RIM Asia Pacific, dalam teleconference langsung dari Singapura dengan Kompas.com, Senin (19/3).

Sarim menambahkan, selain perspektif teknis, workshop juga berisi petunjuk praktis mengenai cara mempublikasikan aplikasi dari sisi public relation dan marketing. Workshop ini diadakan RIM untuk menjaga komunikasi antara RIM dengan berbagai komunitas developer BlackBerry di Indonesia.

Biasanya, RIM mengundang developer Indonesia yang telah terdaftar di App World, atau para developer mendapatkan informasi mengenai conference ini dari beberapa mailing list. Namun, kali ini RIM juga merangkul komunitas BlackBerry yang terbentuk secara independen.

"RIM tidak pernah membuat komunitas resmi untuk pengguna atau developer BlackBerry, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Maka kami sangat mengapreasiasi komunitas yang terbentuk karena BlackBerry. Contohnya di Indonesia ada komunitas IDBerry. Komunitas-komunitas seperti inilah yang berusaha kami rangkul," ungkap Sarim.

Konferensi-konferensi untuk para developer

Secara global, RIM setiap tahunnya mengadakan Developer Conference global di kantor pusat RIM di Orlando, Kanada. Tahun 2011, tepatnya pada bulan Mei, Developer Conference tahunan di Orlando digelar dan dihadiri oleh developer Indonesia.

Bulan Mei tahun 2012 ini, RIM juga berencana mengadakan acara serupa dan developer Indonesia akan tetap ikut serta. Sebelumnya, RIM telah mengadakan beragam konferensi untuk developer Asia, diantaranya :

  • BlackBerry Developer Conference Asia di Bali (Januari 2011)
  • BlackBerry Hackathon (November 2011) - 48 jam mengcoding aplikasi untuk BlackBerry
  • BlackBerry Developer Conference Asia di Singapura (Desember 2011)

(Tenni Purwanti | Reza Wahyudi/Kompas.com)

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 845 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..