Program PLN Peduli menerangi desa kecil di Kupang

Rabu, 07 Maret 2018 | 11:39 WIB   Reporter: Pratama Guitarra
Program PLN Peduli menerangi desa kecil di Kupang

ILUSTRASI. Perawatan Instalasi Listrik


PEMBANGKIT LISTRIK - JAKARTA. Desa Bipolo, sebuah desa kecil di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu desa yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik gratis melalui program PLN Peduli dalam rangkaian kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Kabupaten Kupang Barat.

“Dengan bantuan listrik di Desa Bipolo ini, diharapkan akan mendorong kemajuan desa tersebut di segala bidang, dan terutama di bidang pendidikan," kata Menteri Rini, melalui siaran persnya, Rabu (7/3).

Untuk tahap awal, 36 kepala keluarga Desa Bipolo akan menikmati penyambungan listrik secara gratis bagian dari program desa berlistrik. Tercatat, hingga Desember 2017, dari 177 desa di Kabupaten Kupang, sudah 149  atau setara 84,18% desa yang teraliri listrik.

Selain itu dalam kesempatan yang sama, Rini juga secara simbolis menyalakan listrik SMP Negeri 5 Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT. Pelistrikan secara simbolis ini juga menunjukkan keseriusan PLN sebagai bagian BUMN untuk pendidikan, selain itu PLN juga memberikan bantuan pendidikan kepada 50 Mahasiswa Universitas Cendana degan total Rp 250 juta.

Rini mengungkapkan, BUMN hadir memberikan dukungan bagi perbaikan infrastruktur pendidikan melalui perbaikan sarana dan pra sarana sekolah dalam rangka mendorong perbaikan mutu pendidikan di tanah air khususnya di daerah 3 T (tertinggal, terluar dan terdepan), termasuk di Nusa Tenggara Timur.

Direktur Human Capital Managemen PLN, Muhamad Ali mengatakan PLN sebagai bagian dari BUMN akan turut serta aktif untuk membangun Bangsa salah satunya melalui peningkatan infrastruktur kelistrikan.

Selain menggenjot program 35.000 MW, PLN juga tengah mengebut pembangunan listrik desa. Pada tahun 2018, target desa terang di NTT sebanyak 568 desa.

“Khusus untuk bantuan di Bipolo,Kabupaten Kupang bantuan awal yakni pemasangan gratis untuk 36 rumah warga senilai 72 juta rupiah dan bantuan pendidikan senilai Rp 250 juta,” ungkap Muhamad Ali.

Ali menambahkan masih dalam rangkaian kunjungan kerja juga akan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis untuk 305 kepala keluarga di Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur dan 21 kepala keluarga di Desa Waewuring Pulau Adonara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru