kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek ASII terdongkrak otomotif dan komoditas


Kamis, 02 Maret 2017 / 08:10 WIB
Prospek ASII terdongkrak otomotif dan komoditas


Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Di tengah melambatnya perekonomian, tahun lalu PT Astra International Tbk (ASII) masih bisa mencatatkan kinerja positif. Sepanjang 2016, pendapatan ASII memang turun 2% year-on-year (yoy) menjadi Rp 181,08 triliun. Tapi laba bersihnya tumbuh sekitar 17% (yoy) menjadi Rp 15,16 triliun.

Analis Samuel Sekuritas Akhmad Nurcahyadi menilai, kinerja operasional ASII sudah sesuai ekspektasi. Segmen otomotif mencatatkan peningkatan pangsa pasar.

Pencapaian Grup Astra juga didorong kontribusi anak usahanya, seperti PT United Tractors Tbk (UNTR) dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI). Kinerja kedua emiten ini terkerek pertumbuhan harga komoditas.

Pada 2016, laba bersih UNTR meningkat 82% (yoy) menjadi Rp 5,10 triliun. Sedangkan laba bersih AALI melonjak 224% (yoy) menjadi Rp 2,01 triliun.

Laba bersih Grup Astra naik, ditopang peningkatan kontribusi dari segmen otomotif, alat berat dan pertambangan, agribisnis serta infrastruktur dan logistik. Di saat yang sama, kontribusi lini jasa keuangan, teknologi informasi dan properti menurun.

Sebenarnya sebagian besar unit jasa keuangan menunjukkan kinerja positif, kecuali PT Bank Permata Tbk (BNLI) yang meningkatkan pencadangan atas kredit bermasalah secara signifikan. Hal ini menurunkan kontribusi sebesar Rp 3 triliun.

Analis BCA Sekuritas Darmawan Halim menyebutkan, penahan laju laba bersih ASII adalah kerugian BNLI yang mencapai Rp 6,48 triliun pada 2016. Padahal di 2015, bank ini untung Rp 247,1 miliar. Adapun segmen otomotif masih memberikan pengaruh positif. "Segmen bisnis komoditas juga bagus," kata dia.

Darmawan memandang, bisnis otomotif pada tahun ini masih tumbuh, didorong kondisi makro ekonomi yang membaik. Masih rendahnya suku bunga acuan pada tahun ini turut mendorong pembelian mobil, khususnya produk LCGC.

BCA Sekuritas memprediksi, volume penjualan otomotif roda empat dan roda dua tumbuh masing-masing 8% dan 10% pada tahun ini menjadi 1,15 juta unit dan 6,5 juta unit. Untuk roda empat, pangsa pasar Grup Astra bisa naik 11% menjadi 654 unit dengan pangsa pasar 57%.

Kenaikan harga batubara dan minyak sawit mentah (CPO) juga bakal mendorong kinerja UNTR dan AALI. Di lini bisnis keuangan, bisnis BNLI diyakini akan pulih secara bertahap, dengan tingkat kualitas aset yang membaik.

Pada 2016, lini bisnis otomotif menyumbang 60% penjualan ASII, disusul alat berat 20%, agribisnis 11% dan jasa keuangan 5%. Sisanya dari bisnis infrastruktur dan IT.

Analis Yuanta Securities Kim Kwie Sjamsudin menilai, hampir semua anak usaha ASII menorehkan kinerja cukup baik. Hanya saja, kinerja BNLI menjadi penghambat. "Tapi secara garis besar sudah in line dengan ekspektasi kami," tulis dia dalam risetnya belum lama ini.

Dengan pertimbangan ASII yang masih kuat di pasar otomotif dan kenaikan harga komoditas, Kim masih merekomendasikan buy ASII dengan target Rp 8.900 per saham.

Akhmad juga mempertahankan rekomendasi buy dengan target Rp 9.000. Adapun Darmawan memasang hold dengan target Rp 8.200. Harga ASII kemarin naik 1,52% ke Rp 8.325 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×