kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PUPR akan dukung infrastruktur di Maja


Minggu, 19 November 2017 / 20:44 WIB
PUPR akan dukung infrastruktur di Maja


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberikan dukungan pada Proyek Pengembangan Kota Baru Maja. Maklum saja, hunian yang berkonsep transit oriented development (TOD) ini diharapkan bisa mendukung Program Satu Juta Rumah lantaran lahan seluas 2.000 hektare dalam proyek tersebut dikembangkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk mendukung kota mandiri Maja, Kementerian PUPR mendukung akses transportasi menuju lokasi Kota Baru Maja, baik pembangunan jalan arteri dari Pamulang - Parung Panjang - Maja, maupun jalan tol Serpong-Balaraja dan Serang - Panimbang yang akan dikembangkan oleh pihak swasta. Disamping itu Kota Maja akan didukung oleh Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Rangkasbitung.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bilang pada tahap awal akan dibangun IPA dengan kapasitas 50 liter per detik yang melayani 4000 jiwa. Untuk pemenuhan kebutuhan air baku akan diambil sebagian dari 2000 liter/detik suplai Bendungan Karian untuk Kabupaten Lebak yang saat akan selesai tahun 2019.

“Jadi bukan eksklusif untuk Citra Maja Raya saja, tapi untuk Kota Baru Maja di sebelah barat Jakarta. Inisiatif ini sekaligus untuk menahan urbanisasi ke Jakarta,” ujar Basuki pada keterangan tertulisnya, Minggu (19/11).

Selain itu, sebagai bagian dari Development Plan Kota Baru Maja yang disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, sebanyak 10.000 unit rumah akan dibangun dalam proyek Citra Maja Raya. Jumlah itu sudah mengakomodasi 8.000 unit khusus hunian MBR, ditambah 1.000 unit rumah subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Menurutnya, Maja merupakan satu dari 10 proyek kota baru mandiri yang akan dikembangkan secara bertahap oleh pemerintah. Kawasan Kota Baru Maja direncanakan untuk bisa menampung hingga 1,2 juta jiwa saat rampung. Sepuluh kota baru/kawasan perkotaan baru yang akan dibangun pemerintah sesuai  RPJMN 2015-2019  yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×