kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ragam fungsi karpet untuk mendekorasi ruang


Senin, 07 November 2016 / 17:42 WIB
Ragam fungsi karpet untuk mendekorasi ruang


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

Secara sederhana, menghadirkan karpet sebagai interior pada sebuah ruangan akan mampu memberi nuansa tersendiri pada ruang tersebut. Ruangan akan terlihat semakin cantik dan menarik.

Lebih jauh, penggunaan karpet dapat dimanfaatkan untuk mendefinisikan sebuah ruang, memberi kehangatan, dan memberi lapisan dekorasi pada ruang. Untuk mendefinisikan ruang, hal ini akan sangat terasa manfaatnya pada ruang terbuka layaknya apartemen studio yang antara ruang tamu atau ruang untuk duduk-duduk, ruang makan, dan ruang lainnya kadang hadir tanpa sekat.

Penggunaan karpet pada ruang tamu akan mendefinisikan fungsi ruang tersebut, mempertegas batasannya dengan ruang makan. Karpet juga dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan ragam atau variasi. Bila Anda menggunakan dua karpet di kamar, sebaiknya hindari penggunaan ukuran yang sama. Karpet berukuran sama secara visual dapat memotong ruangan layaknya menjadi dua. Gunakan karpet ukuran yang berbeda untuk menciptakan rasa variasi.

Di satu sisi, jika menggunakan karpet lebih dari satu pada sebuah ruang, untuk menghadirkan harmoni, akan lebih baik untuk urusan gaya layaknya corak saling melengkapi. Jika tidak, ruangan Anda bisa berakhir dengan suasana yang tidak menyenangkan.

Mendekorasi ruang dengan karpet juga dapat digunakan untuk menghadirkan skema warna. Gunakan karpet favorit sebagai dasar dari skema warna dalam sebuah ruangan. Sedang jika Anda baru menambahkan karpet setelah Anda menghadirkan furniture, Anda dapat menggunakan karpet untuk aksen atau mengikat warna yang ada.

Karpet juga dapat Anda gunakan untuk mengontrol volume pada ruang. Dalam artian mengontrol nuansa pada ruang secara visual. Jadi jika warna dinding dan furniture sudah menggunakan warna cerah, Anda dapat menggunakan karpet dengan warna lebih kalem.

Sebaliknya jika warna dinding dan furniture menggunakan warna tenang. Anda dapat menggunakan karpet dengan warna dan pola yang lebih berani.

Selanjutnya Anda  pun dapat menggunakan karpet sebagai titik fokus dari kamar Anda. Untuk melakukan itu, Anda dapat membuat kontras dengan mengecat dinding  dengan rona salah satu aksen warna karpet Anda.

Cara lain menghadirkan focal point  atau titik fokus mata ketika memasuki ruangan dengan menggunakan karpet adalah, jika corak karpet Anda cukup menarik, Anda dapat menggantung sebagai hiasan dinding layaknya lukisan.

Namun satu hal yang harus kita pahami saat mendekorasi dengan menggunakan karpet adalah, pastikan Anda menggunakan ukuran yang tepat. Ketika Anda membeli ukuran karpet untuk ruang tamu, sebaiknya kurangi sekitar tiga kaki dari panjang dan lebar ruangan. Meninggalkan lantai telanjang di tepi akan membuat ruangan terlihat sedikit lebih besar.

( Sumber : Rumahku.com )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×