kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Revisi aturan impor ponsel terbit Agustus


Minggu, 24 Juli 2016 / 18:09 WIB
Revisi aturan impor ponsel terbit Agustus


Reporter: Handoyo | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Revisi aturan tentang importasi ponsel segera terbit. Kementerian Perdagangan (Kemdag) menargetkan, pada Agustus mendatang, aturan baru soal importasi Telepon Seluler, Komputer Genggam (Handheld) dan Komputer Tablet dapat terselesaikan.

Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemdag, Karyanto Suprih mengatakan, pada akhir bulan ini rencananya rancangan revisi Peraturan Menteri terkait impor ponsel tersebut akan dilakukan sosialisasi. "Kami tanggal 28 Juli mau sosialisasi revisi. Revisinya masalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) antara hardware dan software," kata Karyanto, akhir pekan lalu.

Meski tidak merinci, Karyanto bilang, revisi aturan impor ponsel tersebut akan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Teknologi juga tidak dapat hanya dilihat dari sisi perangkat keras atau hardware saja, namun juga perangkat lunak atau software yang kini telah berkembang pesat.

Beleid impor ponsel tersebut juga akan bersinergi dengan aturan yang bakal diterbitkan oleh Kementerian Terkait seperti Kementerian Perindustrian (Kemperin). Sekedar catatan, saat ini Kemperin juga sedang menggodok aturan soal pedoman teknis kandungan dalam negeri (TKDN) untuk ponsel 4G long term evolution (LTE).

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, aspek hardwere dalam produk smartphone semakin menciut nilainya. Hal tersebut bertolak belakang dengan aspek software yang terus membesar. "Nilai ekonomis semakin besar di software dan jasa-jasa di dalam mobile devices," kata Thomas.

Dengan tingginya nilai ekonomis di dalam industri perangkat lunak itu, peluang lapangan pekerjaan menjadi besar. Thomas menambahkan, selain peraturan menteri perdagangan, ketentuan tentang TKDN untuk teknologi 4G LTE ini juga akan dibuat oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×