Rindu janji mendorong produksi kedelai lokal untuk penuhi industri tahu

Sabtu, 05 Mei 2018 | 20:59 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Rindu janji mendorong produksi kedelai lokal untuk penuhi industri tahu

ILUSTRASI. Uu Ruzhanul Ulum


PILKADA - SUMEDANG. Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum akan mendorong produksi kedelai lokal demi memudahkan produsen tahu mendapatkan pasokan bahan baku. Para produsen tahu mengeluhkan bahan baku kedelai hingga kini masih impor.

Hal itu terungkap ketika Kang Uu mengunjungi sentra industry tahu di Sumedang, Sabtu (5/5). Pemilik pabrik tahu Jembar Manah, Ndit Suhandi mengaku, pabriknya membutuhkan pasokan kedelai yang begitu banyak untuk memproduksi  tahu.  Apalagi ketika permintaan meningkat, terutama di akhir pekan.

Dia bercerita, pada hari biasa kebutuhan kedelainya hanya  3 kuintal per hari. Namun pada weekend atau hari libur meningkat 2 kali lipat. Nah,  pada musim lebaran permintaan tahu meningkat lagi menjadi  4 kali lipat.

“Tapi pasokan kedelai local sulit. Selain sulit, rasa kedelai local kurang enak untuk tahu,” ujarnya. Karenanya dia sering menggunakan kedelai import untuk memproduksi tahunya.

"Kami terpaksa pakai kedelai impor, meski harganya mahal karena  dipengaruhi harga dollar.  Tapi kalau kedelai local kualitasnya bagus kami pakai juga seperti kedelai dari Garut," kataNdit.

Menanggapi hal itu, Bupati Tasikmalaya akan meningkatkan kualitas bahan baku kedelai. Petani diharapkan dapat menanam kedelai yang bibitnya berkualitas. Karena rasa tahu juga dipengarhui oleh kualitas kedelai yang bagus.

"Saya bersama Kang Emil akan membantu para produsen tahu di Sumedang supaya lebih mudah mendapatkan bahan baku dari petani lokal," ujarnya di pabrik Tahu Jembar Manah di Samboja Patung Kuda, RW 08 RT 05, Desa Pasangrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan.

Menurut dia, agar kualitas kedelai local bagus, maka petani harus mendapatkan bibit yang  berkualitas. Pasar kedelai sudah ada, tinggal bagaimana petani kedelai menanam kedelai dari bibit yang bagus.

“Untuk menekan impor, maka produksi kedelai lokal perlu digenjot. Ketika produktivitas kedelai local meningkat maka kita bisa menghilangkan ketergantungan pasokan kedelai dari luar negeri,” kata Kang Uu dalam keterangan pers, Sabtu (5/5).

Strateginya, kata Kang Uu, Rindu punya program pertanian berkelanjutan. Yakni, kedelai sebagai bahan baku untuk industri tahu, tempe, harus terus ditingkatkan menjadi komoditas agar pasokannya terus terjaga, termasuk dalam pemakaian benih berkualitas.

"Kami akan dorong petani menanam kedelai dari bibit yang bagus dengan memanfaatkan lahan sawah saat musim kemarau. Di Tasikmalaya, cara seperti tersebut bisa berhasil dengan menggandeng TNI," papar mantan Ketua DPRD ini.

Kang Uu mendapat keluhan dari mereka bahwa industry tahu belum berkembang secara optimal, terutama masalah marketing. Kang Uu menawarkan konsep, Rindu yakni, marketing digital. Menurut dia, dengan memasarkan produknya melalui digital, tentu dengan memperhatikan kemasan yang baik, maka produk itu dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Penggunaan teknologi digital dalam pemasaran, saya yakni bisa  meningkatkan pemasaran tahu secara lebih luas,” kata dia.

Tak hanya ini, tahu sudah menjadi trade mark Sumedang. “Setiap orang yang datang ke Sumedang pasti membeli tahu, baik buat dimakan sendiri maupun sebagai buah tangan. Makan khas  ini bisa menarik kunjungan wisata datang ke Sumedang,” ujar cucu KH. Choer Affandi, pendiri Pesantren Miftahul Huda ini.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru