kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saint Goban gandeng pekerja bangunan


Jumat, 24 November 2017 / 22:19 WIB
Saint Goban gandeng pekerja bangunan


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Saint–Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) berupaya memberikan edukasi ke para pekerja bangunan untuk meningkatkan kemampuan para pekerja. Edukasi ini dilakukan melalui pelatihan secara gratis.

Maklum, mayoritas tenaga kerja di Indonesia termasuk para pekerja bangunan masih berpendidikan rendah. Hal ini tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2017 yang menyebutkan tenaga kerja Indonesia berpendidikan SD ke bawah mencapai 52,59 juta orang 42,23 %.

Adapun pekerja lulusan sarjana hanya 9,31%, Diploma 2,9%, lulusan SMK 10,87%, 16,48 % lulusan SMA, dan 18,16% lulusan SMP.

Sementara dalam menghadapi persaingan global, kualitas tenaga kerja Indonesia dan pengembangannya saat ini menjadi semakin penting. Tenaga kerja lokal perlu memiliki bekal yang cukup dan daya saing tinggi agar tak kalah dengan tenaga kerja asing.

Data BPS juga menunjukkan jumlah penduduk yang bekerja di sektor Konstruksi turun 0,64% selama setahun terakhir. Sedangkan sektor lain masih meningkat seperti jasa kemasyarakatan 0,42%, transportasi, pergudangan dan komunikasi naik 0,27%, pertanian 0,12%, dan industri 0,07%.

"Kami mencoba memberi sentuhan kepada para pekerja bangunan dengan memberikan edukasi," kata Hantarman Budiono – Managing Director SGCPI dalam keterangan resminya, Jumat (24/11).

SGCPI merupakan anak usaha dari Saint-Gobain, perusahaan global asal Perancis yang bergerak di bidang produksi material bangunan dimana salah satu produknya adalah papan gypsum Gyproc.

Selama ini Saint-Gobain telah lebih dahulu melakukan edukasi terhadap para pekerja bangunan di Negara-negara Eropa melalui balai-balai pelatihan.

Sejak awal 2017 Gyproc telah menginisiasi terbentuknya sebuah komunitas yang dikenal dengan nama MasPro Club guna merangkul dan mewadahi para pekerja bangunan (aplikator). Langkah ini sebagai upaya para pekerja mengenal produk dari Saint Gobain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×