kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Salim masuk ke elevenia


Rabu, 23 Agustus 2017 / 19:46 WIB
Salim masuk ke elevenia


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - Satu persatu situs belanja yang beroperasi di Indonesia pada bertumbangan. Atau paling tidak bergabung dengan perusahaan sejenis atau yang lebih besar.

Yang terbaru, SK Planet, perusahaan asal Korea Selatan dikabarkan bakal hengkang dari pasar e-commerce Indonesia.

Perusahaan tersebut berkolaborasi dengan PT XL Axiata Tbk (EXLC) membuat perusahaan patungan di bidang situs belanja bernama PT XL Planet dan menjadi pengelola elevenia, situs belanja yang sudah beroperasi sejak tahun 2014. Di perusahaan patungan tersebut, komposisi saham antara SK Planet dan XL Axiata sama banyak, yakni 50%: 50%.

Menurut Pulse, SK Planet bakal melepas semua saham di elevenia sebanyak 50%. Perusahaan tersebut bakal melego saham tersebut ke konglomerat bisnis asal Indonesia yakni Grup Salim.

SK Planet terpaksa meninggalkan pasar Indonesia lantaran kalah bersaing dengan pemain sejenis. Maklum, pasar e-commerce di Indonesia yang makin menjanjikan dan saban tahun kerap tumbuh berlipat-lipat telah mengundang investor gajah datang ke sini.

Yang terbaru adalah kiprah Alibaba yang baru-baru ini menyuntik modal sebesar US$ 1,1 miliar ke Tokopedia. Salah satu pemain utama situs belanja di pasar domestik. Sebelumnya, Alibaba juga sudah merangsek Lazada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia sebagai pasar yang terbesar.

Setelah melepas pasar Indonesia, SK Planet dikabarkan bakal fokus mengembangkan pasar situs belanja di negara K Pop tersebut. Di sana, SK Planet termasuk salah satu pemain terbesar yang mengelola situs belanja bernama 11st.co.kr.

Setelah Indonesia, perusahaan tersebut juga segera melepas bisnis sejenis di sejumlah negara. Berikutnya adalah di Malaysia, lantas berlanjut di Thailand dan Turki.
SampaiĀ  berita ini naik cetak, KONTAN belum berhasil mendapat konfirmasi dari Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk. Begitu pula dari manajemen PT XL Planet. "Sampai saat ini kami belum bisa memberikan tanggapan terlebih dahulu. Setelah ada kabar resmi dari manajemen baru bisa kami sampaikan," kata Bayu Setiaji Tjahjono, General Manager Strategy and Communication PT XL Planet kepada KONTAN, Rabu (23/8).

Meski begitu ia memastikan bahwa kondisi elevenia hingga kini tetap berjalan normal seperti biasanya. "Business as usual," klaimnya.

Sejauh ini, elevenia sudah menjaring sebanyak 54.000 merchant atau penjual. Sedangkan produk yang dijajakan sendiri sudah mencapai lebih dari delapan juta produk berbagai jenis. Adapun jumlah anggota yang tercatat di situs belanja tersebut sudah lebih dari lima juta anggota.

Sayang, Bayu tidak merinci soal target bisnis Elevenia sampai akhir tahun ini. "Kalau target bisnis belum bisa kami disclosed," elaknya.

Tahun lalu, XL Axiata menyuntik modal US$ 22,8 juta ke Elevenia untuk ekspansi bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×