Sekitar 241 jembatan gantung di Lebak rusak

Jumat, 20 Januari 2017 | 21:31 WIB Sumber: Antara
Sekitar 241 jembatan gantung di Lebak rusak


LEBAK. Sebanyak 241 jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dalam kondisi rusak. Ini berdampak terhadap akses ekonomi masyarakat setempat.

Bupati Lebak, Iti Octavia saat peresmian jembatan Desa Sangiang Tanjung Kecamatan Kalanganyar di Lebak, Jumat (20/1) mengatakan, kerusakan jembatan gantung diakibatkan dimakan usia juga terkena bencana alam sehingga perlu dilakukan pembangunan.

Saat ini, kondisi jembatan yang mengalami kerusakan secara bertahap dilaksanakan pembangunan. Bahkan, pembangunan jembatan gantung Desa Sangiang Jaya atas kepedulian perusahaan Kompas Group dari Jakarta.

"Kami berharap perusahaan lainnya juga bisa membantu untuk membangun jembatan gantung itu," katanya, Jumat (20/1).

Kabupaten Lebak merupakan wilayah yang memiliki pada tiga sistem sungai strategis nasional, seperti Sungai Ciliman-Cibungur, Sungai Cibaliung-Cisawarna dan Sungai Ciujung-Cidurian. Karena itu, Kabupaten Lebak terbanyak jumlah jembatan gantung di Provinsi Banten.

Jembatan gantung itu hampir semua terdapat di 28 kecamatan yang menghubungkan antarkampung maupun antardesa. "Kami terus mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat juga pemerintah Provinsi Banten," kata dia.

Iti mengatakan, saat ini jumlah jembatan gantung di Lebak tercatat 588 unit. Sebanyak 241 unit di antaranya dalam kondisinya rusak dengan kategori rusak berat dan rusak sedang akibat dimakan usia dan juga konstruksinya kurang berkualitas. Selain itu juga karena diterjang bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto mengatakan, pemerintah daerah setiap tahun hanya mampu membangun jembatan gantung sebanyak dua unit sehingga sangat diperlukan partisipasi maupun kepedulian dari perusahaan swasta.

Saat ini, jembatan gantung yang rusak itu tersebar di Kecamatan Kalanganyar, Malingping, Bojongmanik, Curugbitung, Panggarangan, Cirinten, Wanasalam, Lebakgedong, Muncang, Cikulur, Cimarga, dan Kecamatan Leuwidamar.

(Mansyur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru