kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering-sering menimbang demi turunkan berat badan


Rabu, 23 Agustus 2017 / 18:01 WIB
Sering-sering menimbang demi turunkan berat badan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Banyak orang berusaha keras untuk menghilangkan timbunan lemak di tubuhnya, baik dengan olahraga maupun mengatur pola makan.  Namun ada satu hal penting yang sering terlupa, yakni menimbang badan tiap hari.

Sebagaimana dilansir dari Menshealth, dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Behavioral Medicine, sering menimbang badan akan membuat kita cenderung terhindar dari kegemukan, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam study itu, peneliti memantau 294 mahasiswa yang berisiko mengalami kegemukan. Mereka meminta para mahasiswa menimbang badan setidaknya sekali seminggu, lalu mengikuti perkembangannya selama dua tahun. Setelahnya, mereka menanyakan seberapa sering sebenarnya mereka menimbang berat badan dalam kurun waktu itu.

Hasilnya, mahasiswa yang menimbang berat badan setiap hari tidak hanya terhindar dari kegemukan, namun bahkan mengalami pengurangan berat. Mereka juga mengalami sedikit penurunan indeks massa tubuh setelah dua tahun, dibanding yang tidak sering menimbang badan. Selain itu, ada juga penurunan lemak tubuh sekitar 2 %.

“Kami tidak menduga bahwa mereka akan mengalami penurunan berat badan,” ujar pimpinan peneliti Diane Rosenbaum, Ph.D. dalam pernyataannya.

Meski demikian, para peneliti tidak tahu pasti mengapa mereka yang lebih sering menimbang berat badan bisa mengalami penurunan berat. Namun ada penjelasan yang masuk akal mengenai hal itu meski seseorang tidak sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

Salah satunya, menimbang badan setiap hari membuat kita tahu seberapa besar pola makan dan olahraga mempengaruhi berat badan kita. Saat melihat angka di timbangan naik, orang cenderung akan membuat penyesuaian untuk menghentikannya, baik dengan mengurangi makan atau lebih banyak berolahraga.

“Memang timbangan tidak bisa membedakan antara lemak dan otot, namun setidaknya ia bisa menjadi alat untuk mengontrol berat badan,” kata pakar nutrisi Chris Mohr, Ph.D., R.D., seperti dikutip Menshealth.

Artinya, bila anda ingin menjaga agar berat badan tidak bertambah, cara termudah adalah selalu mengeceknya setiap hari di atas timbangan. (Wisnubrata)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×