Sihir pesona Tomohon International Flower Festival

Senin, 14 Agustus 2017 | 11:43 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sihir pesona Tomohon International Flower Festival


INDUSTRI PARIWISATA - Sedikitnya 15.000 masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) menjadi saksi kehebohan perhelatan Tomohon International Flower Festival 2017 (TIFF 2017) "The 7 Wonder Of Tomohon".

Wisatawan dalam dan luar negeri memadati jalan-jalan yang dilewati peserta karnaval yang melibatkan 14 Kabupaten/Kota di Sulut, Kementerian dan beberapa perusahaan swasta.

Wali Kota Kota Tomohon Jimmy Eman mengatakan, TIFF 2017 merupakan agenda tahunan yang sudah masuk tahun ketujuh. Acara ini membuktikan sektor perekonomian khususnya bidang pariwisata Tomohon terangkat.

“Acara ini akan selalu menjadi tantangan, kehormatan, kebanggaan negeri ini dan menjadi persembahan terbesar bagi masyarakat Kota Tomohon, juga masyarakat Sulawesi Utara," kata Eman.

Kegiatan #PesonaTIFF2017 menjadi ajang promosi kota bunga di Kota Tomohon, sekaligus sebagai tujuan wisata lingkungan, baik eko tourism maupun agro tourism serta memperkenal Kota Tomohon sebagai kota tujuan utama di Provinsi Sulut yang miliki panorama alam yang indah untuk dikunjungi.

"Apalagi saat ini di bunga-bunga di Tomohon sedang mekar, jadi tahun ini lebih banyak bunga yang menghiasi kota Tomohon dan membuat pagelaran lebih meriah. Dan bunga-bunga yang menghiasi mobil lebih padat dan jauh lebih indah," ujar Eman.

Tahun ini, peserta dari dalam dan luar negeri, yaitu Jepang, Australia, Sekretariat Asean, Bhutan, Nepal, Kazakhstan, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia turut memeriahkan pawai. Sebanyak 31 kendaraan yang ikut menggunakan total 155.000 kuntum bunga krisan. Ada satu float besar yang menghabiskan 10.000 hingga 12.000 kuntum. Sedangkan 12 float besar dengan kebutuhan 6.000 kuntum, ditambah 18 float kecil membutuhkan 4.000 kuntum bunga.

Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reeko Astuty memberikan apresiasi yang tinggi kepada kegiatan Tomohon International Flower Festival 2017 yang terbukti mendatangkan ribuan orang.

"Kunjungan wisatawan di Kota Tomohon pada tahun 2016 tercatat sebanyak 244.593 wisatawan nusantara, dan 26.441 wisatawan mancanegara. Dengan adanya atraksi berkelas internasional ini, pasti akan mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan," ujar Esthy dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (14/8).

Esthy menjelaskan, TIFF merupakan wadah kreatif bagi para insan pecinta bunga dan semua sektor terkait dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat, serta promosi pariwisata nusantara baik di dalam maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru