Simpang Susun Semanggi bernuansa merah putih

Kamis, 17 Agustus 2017 | 21:42 WIB Sumber: Kompas.com
Simpang Susun Semanggi bernuansa merah putih


PROYEK INFRASTRUKTUR - Lampu Simpang Susun Semanggi langsung berubah warna setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (17/8).

Lampu-lampu itu memiliki nuansa merah putih sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia. Lampu-lampu tersebut berkelap-kelip di atas Jokowi dan rombongan pejabat yang ikut dalam peresmian itu.

Di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Djarot mengatakan warna-warna lampu LED tersebut memang tematik, tergantung hari besar yang sedang berlangsung.

"Dan ini bisa dikontrol dari Jakarta Smart City," ujar Djarot.

Terdapat 1.514 buah lampu water flow yang ada di bawah jembatan dan 18 lampu high mass pole (HMP). Lampu-lampu tersebut akan mempercantik Simpang Susun Semanggi pada malam hari.

Adapun, pembangunan Simpang Susun Semanggi ini tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan menggunakan dana kompensasi lantai bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada dengan nilai sekitar Rp 360 miliar.

Pengerjaannya dilakukan oleh kontraktor PT Wijaya Karya. Proyek ini dibangun dengan bentang terpanjang di atas jalan tol dalam kota secara full precast melengkung (hiperbolik). (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru