kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinclair menantang gergasi Fox Media


Selasa, 09 Mei 2017 / 11:02 WIB
Sinclair menantang gergasi Fox Media


Sumber: Reuters | Editor: Hendra Gunawan

SAN FRANCISCO. Inilah era konglomerasi stasiun televisi di Amerika Serikat. Terbaru, Sinclair Broadcast Group (Sinclair) yang merupakan operator stasiun televisi terbesar kedua di AS, siap mengakuisisi Tribune Media Co.

Sumber Reuters membisikkan, Sinclair tertarik mengakuisisi Tribune Media seharga US$ 4 miliar atau setara US$ 44 per saham. Tawaran itu lebih tinggi dari harga saham Tribune pada Jumat pekan lalu (5/5) di level US$ 40,29 per saham, dengan kapitalisasi pasar sebanyak US$ 3,5 miliar.

Meski telah menawar Tribune Media dengan harga tinggi, namun sumber Reuters menyebut, negosiasi antara kedua operator televisi itu belum selesai. Bahkan masih ada kemungkinan kesepakatan urung terjadi.

Sayang, baik manajemen Sinclair maupun Tribune Media, menolak mengonfirmasi aksi korporasi tersebut.

Sekadar catatan, Tribune Media diketahui sejak tahun lalu telah bekerja sama dengan penasihat keuangan Moelis & Co serta Guggenheim Securities, membahas strategi perusahaan ke depan. Tribune Media sendiri sempat menjual unit bisnis di bidang data media, yakni Gracenote, kepada Nielsen Holding Plc seharga
US$ 560 juta.

Rencana akuisisi tersebut datang setelah Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) mengubah keputusan tahun 2016, yang membatasi jumlah stasiun televisi yang dapat dibeli oleh lembaga penyiaran. Ketua FCC Ajit Pai yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump pada bulan Januari 2017 lalu, berencana mengubah aturan mengenai batas kepemilikan stasiun televisi. Semisal, stasiun televisi yang pasarnya tidak lebih dari 39%, bisa diakuisisi.

Berebut Tribune

Jika Sinclair berhasil mendapatkan Tribune Media, maka akuisisi tersebut menjadi aksi kedua Sinclair mengakuisisi bisnis televisi. Tahun lalu, Sinclair membeli jaringan televisi kabel Tennis Channel seharga US$ 350 juta.

Bisnis Sinclair juga makin kakap karena akan menguasai 42 stasiun penyiaran milik Tribune Media. Belum lagi jaringan kabel WGN America, Tribune Studio dan WGN Radio milik Tribune. Otomatis, bisnis Sinclair yang bergerak di media broadcast bakal bertambah komplit karena menguasai jaringan radio.

Saat ini, Sinclair telah mengoperasikan 173 stasiun televisi. Nilai kapitalisasi pasar Sinclair diperkirakan sudah mencapai US$ 3,36 miliar.

Akuisisi Tribune Media oleh Sinclair, bakal menjadi ancaman bagi Fox Broadcasting Company yang juga mengincar Tribune Media. "Kami ingin memiliki skala kontrol yang lebih besar dari distribusi. Hal itu penting," kata Chairman Group Fox  Networks, Peter Rice saat menghadiri Milken Institute Global Conference.

Fox dikabarkan telah berdiskusi dengan Blackstone Group, pekan lalu, untuk mengajukan penawaran atas Tribune Media. Demikian juga dengan Nexstar Media Group yang meminati Tribune.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×