kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sosialisasi IFEX 2018, HIMKI gelar roadshow


Minggu, 07 Januari 2018 / 19:59 WIB
Sosialisasi IFEX 2018, HIMKI gelar roadshow


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) kembali bersiap menggelar pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) di Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018.

Persiapan awal IFEX 2018 dilakukan dengan menggelar roadshow ke beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, Bandung, Jepara, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, dan Bali.

“Melalui roadshow ini kami ingin menginformasikan kepada para anggota HIMKI mengenai berbagai persiapan yang telah dan akan kami lakukan untuk kesuksesan penyelenggaraan IFEX 2018,” terang Soenoto, Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dalam keterangan pers, Minggu (7/1).

Dalam kegiatan roadshow ini HIMKI kembali menegaskan manfaat besar yang bisa diperoleh anggota HIMKI dengan menjadi peserta IFEX 2018.

Berkaca dari penyelenggaraan pameran IFEX pada tahun-tahun sebelumnya, peserta daerah yang mengikuti ajang IFEX bisa memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka langsung ke international buyers. Selain faktor biaya yang lebih efisien, IFEX juga terbukti selalu dihadiri oleh international potential buyers yang bisa membantu promosi dan penjualan produk ke pasar internasional.

“Kita harus memanfaatkan kekayaan budaya untuk menampilkan desain-desain produk unik yang mampu mencuri perhatian konsumen luar negeri,” ujar Soenoto.

Soenoto menambahkan bahwa Indonesia juga memiliki keuntungan dalam hal bahan baku dan sumber daya manusia. Dalam hal rotan misalnya, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil bahan baku rotan terbesar di dunia dengan beberapa sentra industri mebel dan kerajinan rotan di berbagai wilayah.

Keunggulan ini perlu dimaksimalkan agar Indonesia bisa terus menunjukkan eksistensi dan kualitas produk di level internasional.

HIMKI menargetkan industri ini bisa tumbuh pada kisaran 12%-16% pada tahun 2018 ini. Dukungan pemerintah memainkan peran yang penting bagi pengembangan industri mebel dan kerajinan.

HIMKI optimistis dengan masa emas pertumbuhan industri mebel dan kerajinan nasional dalam empat tahun ke depan dapat tumbuh US$ 5 miliar.

Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 akan digelar pada 9 – 12 Maret 2018 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta dan menjadi bagian dari sirkuit pameran furniture di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini tentu mempermudah international potential buyers untuk menghadiri berbagai pameran furnitur di kawasan ini.

Tahun lalu, IFEX berhasil menarik 11.225 buyers, naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 9.140 buyers. Tahun ini, HIMKI berharap IFEX 2018 bisa menarik 12.500 buyers. Tahun lalu 5 negara dengan jumlah buyers dan visitors terbesar adalah Cina, Australia, Amerika Serikat, India dan Belanda. Tahun ini, diharapkan jumlah negara yang mengikuti kegiatan IFEX 2018 akan bertambah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×