kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Surga pecinta hewan dan tanaman di Yogyakarta (1)


Selasa, 16 April 2013 / 12:31 WIB
ILUSTRASI. Sejarah singkat Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November setiap tahunnya


Reporter: Pravita Kusumaningtias | Editor: Dupla Kartini

Anda penggemar hewan peliharaan atau pecinta tanaman hias, dan kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta? Tak ada salahnya mampir ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) yang lokasinya di Jalan Bantul Km 1. Di lahan seluas 3 hektare ini, terdapat sekitar 200 pedagang yang menjual aneka satwa dan tanaman hias.

Pasar ini terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona satwa, zona tanaman hias, dan zona ikan hias. Kios-kios tertata rapi dalam masing-masing blok, sesuai jenis hewan dan tanaman yang dijual. Meski disebut pasar, namun kondisinya teratur, bersih dan tidak becek, lantaran jalan setapak antar kios menggunakan paving block.

Pasar ini tertata rapi sejak 2011. Sebelumnya, para pedagang ini berjualan di pinggiran Jalan Ngasem, tak jauh dari lokasi sekarang.

Hampir semua jenis hewan ada di pasar ini, mulai dari aneka jenis burung, ayam, anjing, kucing, serangga hingga ular piton. Ada pula kios yang khusus menjual kelengkapan hewan peliharaan, seperti pakan, obat-obatan, dan kandang. Bahkan, di zona ikan hias, juga bisa ditemukan kios penjual umpan memancing.

Di zona tanaman, Anda bisa berburu mulai dari tanaman kamboja, beragam jenis anggrek, tanaman buah dalam pot (tabulampot) hingga tanaman obat.

Pengelola pasar ini juga menyiapkan instalasi air siap minum tepat di dekat pintu masuk, sehingga pengunjung bisa minum gratis. Jika membawa kendaraan pribadi, entah mobil atau motor, jangan khawatir, pengelola PASTY menyiapkan lahan parkir yang cukup luas.

Salah satu pemilik kios ayam hias di PASTY, Suyono menuturkan, selain jualan, ia memberikan konsultasi bagi pelanggan soal cara memelihara ayam. "Karena pedagang di sini ramah dan jualannya lengkap, pengunjung selalu ramai," ujarnya.

Memang, ketika KONTAN mengunjungi pasar ini, pengunjung sangat padat. Maklum, hari itu bertepatan dengan hari minggu. Tidak hanya para pecinta binatang yang memadati PASTY, tapi juga anak-anak kecil. Selain berburu hewan favorit, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar spesies hewan di sini.

Memang, di sini terdapat kandang besar semacam etalase. Di situ, beberapa hewan istimewa dipajang seperti kura-kura raksasa dan ular piton seberat 100 kg. "Ini menjadi tontonan menarik. Bahkan, ada pengunjung yang menawar ular itu Rp 25 juta," kata Rusditanto, pemilik kios Los Buris.

Ramainya pengunjung tentu membawa berkah bagi para pedagang. Rusditanto mengaku, bisa mengantongi omzet Rp 15 juta per bulan. Suyono menambahkan, saban bulan, ia bisa meraih omzet Rp 9 juta. Bahkan, ketika musim liburan, atau ada jenis ayam atau burung yang sedang naik daun, omzetnya bisa melambung hingga Rp 25 juta.

Sementara Sri Mulyani yang jualan tanaman hias mengaku bisa meraup omzet Rp 10 juta-Rp 30 juta per bulan. (Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×