kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga kunci dorong pertumbuhan bisnis dari Ralali


Senin, 14 Agustus 2017 / 13:31 WIB
Tiga kunci dorong pertumbuhan bisnis dari Ralali


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat sedikit dibandingkan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016, wirausaha di Indonesia hanya sejumlah 3,1% dari jumlah penduduk. Sedangkan Singapura mencapai angka 7% dan Malaysia lebih dari 5% dari jumlah penduduk.

Menanggapi hal tersebut, Chief Operations Officer (COO) Ralali.com, Alexander Lukman, bilang terdapat tiga pilar yang menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan jumlah bisnis di Indonesia, yakni ketersediaan marketplace, dukungan pembiayaan, dan pengelolaan logistik.

“Saat ini, yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah akses yang mudah untuk memperoleh barang. Era digital seharusnya dapat membantu menyelesaikan masalah ini," ungkap Alexander dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Senin (14/08).

Ia menuturkan dengan adanya online marketplace yang menyediakan barang kebutuhan bisnis, pengusaha otomotif di Kalimantan tak harus jauh-jauh datang ke Jawa dan pengusaha catering tak harus pergi ke pasar induk untuk mencari kemasan makanan.

"Saat ini, menjadi pengusaha cukup dengan duduk manis di depan laptop untuk melakukan pemesanan barang-barang kebutuhan bisnisnya,” pungkas Alex.

Dalam upaya memulai bisnis, pengusaha harus mendapatkan dukungan dalam hal pembiayaan, pendanaan, dan pembayaran. “Memulai usaha pasti membutuhkan modal. Dengan adanya dukungan terhadap pembiayaan dapat mempermudah pelaku usaha dalam melakukan pembayaran untuk kebutuhan bisnisnya.

"Saat ini, Ralali.com telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan financian technology (fintech) besar di Indonesia untuk memberikan bantuan dalam bentuk kredit yang difokuskan untuk UMKM,” tambah Alex.

Faktor ketiga yang tak kalah penting adalah pemenuhan terhadap kebutuhan logistik, terutama dalam hal pengiriman. Meningkatnya jumlah pembelanjaan online juga meningkatkan kebutuhan akan jasa pengiriman yang tepat waktu dan terpercaya.

Baik marketplace, pembiayaan, dan logistik memegang peranan yang sama penting dalam mendukung masyarakat Indonesia yang ingin mewujudkan cita-citanya untuk membangun bisnis. Ralali.com sebagai platform marketplace yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat seperti ponsel, produk fesyen dan lainnya, diharapkan dapat menjadi pemicu lahirnya wirausaha-wirausaha baru di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×