kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips berhemat agar bisa beli rumah dalam 5 tahun


Senin, 06 Februari 2017 / 14:36 WIB
Tips berhemat agar bisa beli rumah dalam 5 tahun


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

Mempunyai rumah yang layak dan kendaraan pribadi sudah lumrah menjadi impian tiap orang. Namun untuk mendapatkan hal tersebut, jalan yang harus dilalui bisa jadi tidak semudah seperti yang dibayangkan. Selain harus bekerja dengan keras, kita juga harus mempunyai sebuah perencanaan keuangan yang cukup baik.

Untuk memiliki hunian dan kendaraan dalam kurun waktu lima tahun misalnya, Anda harus pandai melakukan pengaturan penghasilan. Seberapa besar pun penghasilan yang Anda miliki, Anda harus membagi uang ke dalam lima bagian.

Apa saja bagian tersebut? Untuk biaya hidup, Anda bisa menyisihkan sebesar 30%, untuk biaya aktivitas konsumtif untuk bergaul sebesar 20%, biaya pendidikan sebesar 15%, biaya berlibur sebesar 10% dan jangan lupa untuk melakukan investasi.

Jika sekarang ini Anda memiliki penghasilan sebesar 5 juta per bulan, artinya biaya hidup Anda sebesar Rp 1,5 juta, biaya aktivitas konsumtif seperti berbelanja di mall sebesar Rp 1 juta, biaya pendidikan sebesar Rp 750.000, berlibur sebesar Rp 500.000 dan investasi sebesar Rp 1,25 juta.

Berikut detil lima pembagian dana berdasarkan kegunaannya: 

Dana berlibur

Gunakan uang Anda untuk belibur paling tidak sekali dalam setahun. Berlibur bisa memperkaya pengalaman yang Anda miliki. Untuk menghemat biaya, gunakan paket perjalanan serta tinggal di penginapan yang cukup murah.

Dana belajar

Jangan pernah lupa untuk menyiapkan dana belajar. Pentingkan ilmu dan terus belajar, pelajari ilmu dari buku yang sudah Anda beli. 
Sediakan uang untuk ikuti kursus dan pelatihan. Jika sekarang ini Anda belum fasih berbahasa Inggris, gunakan uang tersebut untuk belajar bahasa Inggris.

Bergaul    

Mengapa ada budget ini? Karena sebagai kawula muda, kita juga harus bergaul bersama dengan teman dan memperluas koneksi. Dengan berkumpul bersama teman atau teman baru, kita akan memiliki pemahaman yang luas. Traktir orang-orang yang memberikan pengetahuan lebih untuk Anda.

Biaya hidup

Tak perlu bersifat boros, hemat dalam mengkonsumsi makanan harus Anda lakukan. Bila sekarang ini Anda tinggal bersama dengan orang tua, paling tidak Anda bisa menghemat pengeluaran dengan lebih banyak.

Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×