INDUSTRI
Berita
TOYO asal Jepang caplok 47% saham IKPT

AKUISISI PERUSAHAAN

TOYO asal Jepang caplok 47% saham IKPT


Telah dibaca sebanyak 5181 kali
TOYO asal Jepang caplok 47% saham IKPT

JAKARTA. Toyo Engineering Corporation (TOYO) hari ini (7/2) menyatakan sukses mengakuisisi 47% saham PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT), perusahaan teknik asal Indonesia yang bergerak dibidang EPC (engineering, procurement dan construction) pada proyek minyak dan gas.

Yutaka Yamada, selaku Presiden Direktur dan chief executive and officer (CEO) TOYO dalam siaran persnya hari ini menyatakan, IKPT merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman dalam proyek infrastruktur minyak gas gas, petrokimia, LNG, dan pembangkit listrik panas bumi sejak tahun 1982.

Sebelum melakukan akuisisi, TOYO sudah terlibat kerjasama operasional dengan IKPT sejak 20 tahun silam. Saat ini, TOYO bersama IKPT masih menjalankan proyek bersama, yaitu pembangunan pabrik pupuk skala besar di Indonesia.

TOYO memutuskan mengakuisisi sebagian saham IKPT sesuai dengan strategi kelompok usahanya guna memperluas dan memperkuat jaringan proyek EPC di Indonesia. Selain itu, TOYO berharap, IKPT bisa menjadi mitra dalam proyek EPC di Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia.

Yamada, menambahkan, akuisisi dilakukan karena perusahaan melihat potensi proyek EPC yang berkembang di negara berkembang, seperti Indonesia.

Profil PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT)

Nama Perusahaan

PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT)

Lokasi

Jakarta, Indonesia

Bidang Usaha

Teknik, bisnis, pengadaan dan konstruksi di sektor industri minyak dan gas, petrokimia dan bahan kimia, dan infrastruktur

Modal

Rp 5,5 miliar

Kepemilikan saham

47% milik Toyo Engineering Corporation (TOYO)

Nilai proyek tahun 2011

US$ 430 juta

Karyawan

Sekitar 820 orang

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 5181 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..