kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren positif platinum berlanjut


Kamis, 23 Maret 2017 / 18:52 WIB
Tren positif platinum berlanjut


Reporter: Namira Daufina | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Dukungan fundamental yang positif jadi dorongan utama bagi harga platinum untuk terus merangkak naik.

Mengutip Bloomberg, Kamis (23/3) pukul 16.38 WIB harga platinum kontrak pengiriman Juli 2017 di New York Mercantile Exchange merangkak naik 0,13% ke level US$ 967,00 per ons troi dibanding hari sebelumnya. Harga ini pun sudah melambung 0,54% dalam sepekan terakhir.

Andri Hardianto, Research and Analyst PT Asia Tradepoint Futures menjelaskan kepemilikan aset platinum di Exchange Traded Funds (ETF) yang terbang tinggi masih jadi penopang utama kenaikan harga.

Memang dari laporan ETF dicatatkan sudah naik dalam enam pekan beruntun hingga Jumat (17/3) lalu. Itu merupakan kenaikan terpanjang sejak November 2016 lalu. Dari catatan capital inflow yang masuk mencapai US$ 9,2 juta atau tertinggi sejak 17 Februari lalu.

"Apalagi ditambah dengan posisi USD yang tak kunjung membaik pasca pernyataan FOMC yang mengecewakan pasar," tutur Andri.

Hingga mendekati akhir pekan ini indeks USD belum mampu kembali ke atas level 100 seperti sebelumnya. Tidak berhenti di situ, laporan stok platinum di NYMEX hingga akhir pekan lalu turun dalam empat pekan beruntun.

Sehingga membuat stok platinum menyentuh level terendahnya sejak September 2016 lalu. Ditambah lagi data ini datang bersamaan dengan perkiraan World Platinum Investment Council bahwa akan terjadi defisit pasokan sepanjang 2017.

Defisit pasokan diduga akan mencapai 120.000 ton yang artinya akan menjadi tahun kelima di mana pasar global kekurangan pasokan platinum. Gejolak geopolitik seperti serangan di London, pemilu di beberapa negara Eropa dan perkara misil nuklir milik Korea Utara jelas menimbulkan kecemasan di pasar.

"Efeknya jelas permintaan safe haven seperti platinum melonjak tajam dan tentunya bagus bagi pergerakan harga," imbuh Andri. Hal ini pula yang mengarahkan Andri pada perkiraan harga platinum berpotensi menjaga kenaikan hingga penutupan akhir pekan nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×