kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uji tuntas integrasi PGN-Pertagas selesai pekan ini


Rabu, 25 April 2018 / 16:42 WIB
Uji tuntas integrasi PGN-Pertagas selesai pekan ini
ILUSTRASI. KERJASAMA PGN DENGAN PERTAGAS


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah berupaya untuk segera menyelesaikan proses integrasi antara Pertamina Gas (Pertagas) dengan PGN. 

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sejak terbentuknya Holding BUMN Migas pada 11 April lalu, Pertamina telah berusaha untuk mengintegrasikan seluruh anak usaha terutama bisnis gas.

Agar integrasi berjalan mulus, Nicke bilang Pertamina dan PGN telah membentuk lima tim mulai dari tim transaksi hingga tim operasi untuk melakukan uji tuntas (due diligence). Uji tuntas ini akan segera selesai pada pekan ini.

"Due diligence akan diselesaikan akhir minggu ini. Tim due diligence yang diketuai Dirkeu, dalam hal ini kami mengidentifikasi seluruh risiko-risiko yang ada dan bagaimana mitigasinya," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI Rabu (25/4).

Dengan begitu, integrasi Pertagas dan PGN nantinya tidak akan membahayakan keuangan Pertamina. "Kami sudah identifikasi dan dari progres due diligence sampai saat ini kami memandang bahwa mitigasi masih bisa kami lakukan sehingga tidak berpengaruh negatif pada konsolidasi dari keuangan Pertamina secara keseluruhan," jelas Nicke.

Justru menurut Nicke, integrasi kedua perusahaan tersebut bisa membuat aset kedua perusahaan terintegrasi. Terutama di wilayah Sumatra hingga Jawa.

"Dengan integrasi aset PGN dan Pertagas ini kalau kami lihat dari Sumatra dan Jawa ini semakin menyambung. Selama ini kan belum match kalau kami integrasikan ini menjadi satu, pipa transmisi dan distribusi. jadi kami melihat ini dapat menjadi peluang mitigasi ketika aset-aset Pertagas diintegrasikan dengan aset PGB dalam memenuhi kebutuhan dan demand dari customer," pungkas Nicke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×