: WIB    —   
indikator  I  

Waskita Realty akan bangun empat kawasan TOD

Waskita Realty akan bangun empat kawasan TOD

KONTAN.CO.ID - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Realty akan mengembangkan empat kawasan Transit Oriented Development (TOD) bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Waskita Realty akan membangun hunian dengan konsep TOD di stasiun KRL di lahan milik KAI. Keduanya akan melakukan kerja sama build, operated and transfer (BOT) dengan jangka waktu sekitar 50 tahun.

Direktur Utama Waskita Realty Tukijo mengatakan, pengembangan TOD tersebut ditujukan untuk mengembangkan hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik sehingga diharapkan bisa mengurai kemacetan jalan raya.

Proyek TOD pertama yang akan dikembangkan Waskita Realty berlokasi di Stasiun Bogor dengan luas sekitar 6,5 hektare (ha). Perusahaan akan membangun delapan tower setinggi 18 lantai berkapasitas sekitar 1.500 unit.

TOD Stasiun Bogor ini akan memakan investasi Rp 1,6 triliun dan ditargetkan akan groundbreaking pada 5 Oktober 2017 dan rampung sebelum Oktober 2019. "Sedangkan pemasaran baru akan kami mulai tiga bulan setelah groundbreaking dan harga jualnya masih kita kaji," kata Tukijo di Jakarta, Senin (11/9).

Proyek kedua akan dibangun di stasiun Bekasi seluas 3,2 ha. Di sana rencananya akan dibangun enam tower apartemen dan akan mulai groundbreaking awal Januari 2018.

Proyek ketiga akan dibangun di antara stasiun Bogor dan Sukabumi. Groundbreaking pada 10 November 2017. Sedangkan satu stasiun lagi masih dirahasiakan.

"TOD yang akan digroundbrekaing tanggal 10 November tersebut sesuai dengan permintaan dari Menteri Perhubungan untuk diresmikan pembangunannnya bersamaan dengan groundbreaking proyek double track Bogor-Sukabumi," jelas Tukijo.

Namun, Waskita Realty belum menetapkan total investasi yang disiapkan perusahaan untuk menggarap empat kawasan TOD tersebut.

Di dekat stasiun Bekasi, Waskita Realty juga akan mengakuisisi lahan seluas 16 ha yang nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan TOD juga bersamaan dengan pengembangan TOD kolaborasi perusahaan dengan KAI.

Untuk melakukan ekspansi, Waskita Realty akan mengandalkan kas internal dan pinjaman bank. Saat ini, perusahaan tercatat memiliki ekuitas Rp 2 triliun dan tahun depan ditargetkan bisa mencapai Rp 2,3 triliun-Rp 2,5 triliun.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Dupla Kartini

INDUSTRI PROPERTI

Feedback   ↑ x
Close [X]