kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA ketuai konsorsium proyek bandara Kertajati


Selasa, 22 Desember 2015 / 21:46 WIB
WIKA ketuai konsorsium proyek bandara Kertajati


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berhasil terpilih sebagai pemimpin konsorsium dalam pembangunan terminal penumpang Bandara Internasional Jawa barat.

Wika akan memimpin Paket Konstruksi Sisi Darat Tahap 1A Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka, paket II atau bangunan utama penumpang senilai Rp 1.395 triliun.

Kepastian ini didapat setelah penetapan pemenang tender pada proyek tersebut berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang telah dilakukan oleh PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB).

WIKA dipilih sebagai pemimpin konsorsium WIKA-PP setelah PT BJBI mengumumkan WIKA sebagai pemenang pada 23 November 2015 lalu.

"Konsorsium WIKA-PP dengan WIKA sebagai leader dipilih oleh PT BJBI sebagai pemenang pada 23 November 2015 dengan surat penunjukan pemenang Nomor 7/SPPBJ-PKP/BIKB/XI/2015. Dalam konsorsium ini, perseroan memiliki porsi sebesar 55% dari total nilai proyek," ujar Suradi Wongso, Corporate Secretary WIKA dalam rilis, Selasa (22/12).

Dengan porsi 55% dari total nilai kontrak sebesar Rp 1.395 triliun, artinya WIKA mendapatkan kontrak senilai Rp 767,25 miliar dari tender pembangunan terminal penumpang Bandara Internasional Jawa Barat ini.

Sebelumnya, Suradi memperkirakan pihaknya hanya bisa mencapai kontrak baru pada tahun ini sekitar Rp 25 triliun atau hanya 79% dari total taget.

Perlu diketahui, sampai dengan akhir November, WIKA baru mengantongi kontrak baru senilai Rp 19,03 triliun.

Pembangunan proyek Bandara Internasional Jawa Barat ini, direncanakan akan berlangsung selama 24 bulan kalender kerja terhitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak.

Dengan lingkup pekerjaan meliputi struktur, arsitektur, mechanical, electrical, plumbing, dan elektronika.

Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Internasional Kertajakti merupakan bandara yang dibangun di daerah Kabupaten Majalengka.

Bandara ini berjarak 100 kilometer dari ibukota Jawa Barat, Bandung. Luas dari bandara ini mencapai 1.000 hektar, pada tahap awal akan dipergunakan sekitar 646 hektar.

Pembangunan Bandara ini bertujuan untuk menyangga Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung.

Penyebabnya, bandara di Bandung tersebut memiliki daya tampung yang terbatas.

Selain melayani kota Bandung, nantinya bandara ini juga akan melayani daerah sekitar Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×