Wonderful Indonesia mulai bidik wisman kota China

Kamis, 31 Agustus 2017 | 14:36 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Wonderful Indonesia mulai bidik wisman kota China


INDUSTRI PARIWISATA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tidak lagi hanya berfokus mendulang wisman dari kota-kota tier-1 China seperti Shanghai, Guangzhou, Beijing atau Shenzhen. Saat ini, promosi juga mulai merambah kota-kota tier (tingkat)-2 di Negeri Tirai Bambu.

Aktivitas promosi pariwisata itu tercermin dalam Sales Mission Greater Bali ke tiga kota tier-2 China yaitu Hefei, Wuxi dan Hangzhou. Secara berurutan, tiga kota tadi akan disambangi Wonderful Infonesia pada 29 Agustus 2017, ?31 Agustus 2017? dan ?1 September 2017?.

"Berbicara mengenai tingkatan, kota-kota yang dimaksud dengan tier-2 di China adalah kota-kota yang secara ekonomi memiliki produk domestik bruto (PDB) antara USD 68 miliar sampai USD 299 miliar," ujar Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu, dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (31/8).

Kegiatan promosi Wonderful Indonesia ke kota-kota tier-2 di China ini menunjukkan bahwa China adalah pasar yang dari segi jumlah dan pertumbuhannya paling fantastis di antara pasar lainnya.

"Fantastis dikarenakan jumlah kunjungan wisman tahun 2017 sampai bulan Juni sudah hampir mencapai angka 1 juta, paling besar di antara pasar mana pun, dan angka pertumbuhan year-on-year-nya periode Januari-Juni 2017 hampir mencapai 50%," jelas Vinsensius.

Maskapai Indonesia pun kini turut mendukung pembukaan penerbangan ke kota-kota tier-2 di China. Jika sebelumnya maskapai Indonesia hanya terbang ke originasi kota besar China seperti Guangzhou dan Beijing, kini maskapai seperti Sriwijaya Air dan Citilink mulai merambah kota-kota seperti Hangzhou, Wuhan, Fuzhou, dan Guiyang.

Pada kegiatan Sales Mission Greater Bali di China, Kemenpar membawa 11 industri pariwisata asal destinasi Bali untuk memperkenalkan produk mereka kepada buyers di masing-masing kota.

”Selain kegiatan business meeting (table top meeting), kegiatan misi penjualan menampilkan seni tari-tarian tradisional khas Indonesia, pembagian doorprize berupa tiket Shanghai-Denpasar pp dan akomodasi 3 hari 2 malam serta package tour untuk 1 (satu) orang di setiap kota," pungkas VJ.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sejak dua tahun lalu, Kemenpar memang meluncurkan konsep 3 greater, yakni Great Bali, Great Jakarta dan Great Batam.

“Selama ini 90% wisman itu masuk melalui 3 pintu utama itu, karena itu kita buat 3 greater tersebut,” sebut Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru