: WIB    --   
indikator  I  

WTR keluhkan lambannya pencairan dana talangan

WTR keluhkan lambannya pencairan dana talangan

JAKARTA. PT Waskita Toll Road (WTR) mengeluhkan lamanya pencairan dana talangan pembebasan lahan jalan tol dari Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Sejak tahun 2016 hingga pertengahan Mei 2017, WTR telah menggelontorkan dana talangan untuk pembebasan lahan sebesar Rp 7,1 triliun. Perusahaan ini memang komitmen untuk turut mempercepat pembebasan lahan jalan tol melalui dana talangan agar pembangunan tol yang konsesinya mereka miliki cepat rampung.

Namun hingga saat ini, Herwidiakto, Direktur Utama WTR mengaku pihaknya baru menerima pencairan dana talangan sebesar Rp 96 miliar. "Baru cair untuk ujicoba reimburse untuk Cinere Serpong Jaya sebesar Rp 270 miliar, di mana bagian dari WTR di situ sebesar Rp 96 miliar," ungkap Herwi pada KONTAN, Selasa (16/5).

Herwi berharap pencairan dana talangan tersebut segera dilakukan. Jika tidak akan mengganggu pembebasan lahan selanjutnya sehingga dikhawatirkan harga lahan akan semakin melambung dan akhirnya mengganggu target pengoperasian tol yang mereka punya.

"Ini prosesnya terlalu lama padahal ujicoba sudah selesai di lakukan. Kalau ini lama, BUJT akan tambah berat. mungkin ada BUJT yang tidak punya dana talangan lagi untuk pembebasan lahan." Tandas Herwi.

Saat ini, WTR telah memiliki konsensi di 18 ruas jalan tol dengan total panjang mencapai 988,8 kilometer (km). Diantaranya Kanci - Pejagan (35 km), Pejagan -Pemalang (57 km), Ciawi-sukabumi (54), Cimanggis-Cibitung (26 km), Pasuruan-Probolinggo (31 km), bekasi-Cawang-Kampung Melayu (21 km), Pemalang-Batang (39 km), Ngawi-Kertosono (87 km), Solo -Ngawi (90,1 km), Semarang-Batang (75 km), Cinere-Serpong (10 km), Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (62 km), Depok-Anatasari (22 km), Cileunyi-Sumedang-Daawuan (60 km) dan Cibitung-Cilincing (34,2 km).

Namun hingga kini, WTR baru mengoperasikan 55,2 km dari jalan tol tersebut yakni Kanci-Penjagan dan Pejagan-Pemalang seksi I dan II. Sementara ruas lainya masih dalam proses pembebasan lahan dan bersamaan dengan proses konstruksi.

Tahun ini, WTR menargetkan mengoperasikan 246 km jalan tol yakni seluruh ruas Pejagan-Pemalang, Solo- ngawi dan Ngawi-Kertosono. Kemudian Tol becakayu 11 km, Cimanggis-Cibitung 3,5 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 17,8 km. Namun hingga saat ini lahan yang diharapkan segera beroperasi ini belum seluruhnya bebas. 


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Yudho Winarto

JALAN TOL

Feedback   ↑ x