kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata bangun 4,5G Xperience Zone


Rabu, 05 April 2017 / 12:25 WIB
XL Axiata bangun 4,5G Xperience Zone


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT XL Axiata Tbk kian memperkuat ekosistem layanan data berbasis 4G LTE. Sesuai dengan perluasan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah, XL Axiata mengembangkan 4.5G Xperience Zone. Program itu termasuk perluasan layanan 4.5G di kota-kota dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang meningkat.

"Program ini bertujuan memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE. Sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi ini," ujar Senior Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez.

Dia menambahkan, pada sejumlah negara, pasar 4.5 G sudah terbentuk dengan pesat. Hal itu seiring dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan layanan data pita lebar kecepatan tinggi.

"Kami pun yakin, tidak lama lagi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas yang lebih baik lagi akan terus meningkat," terang Rashad dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Rabu (4/4).

Langkah itu, lanjutnya, ditujukan untuk memperkuat ekosistem layanan data melalui 4.5G Xperience Zone ini, sebagai bagian dari kesiapan untuk menyongsong kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Apalagi saat ini sudah terlihat indikasi yang menunjukkan masyarakat Indonesia akan segera membutuhkan 4.5G.

Salah satu indikasinya, pesatnya pertumbuhan pemakaian data, khususnya 4G. Selain itu, semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone di XL menjadi 63% di tahun 2016, naik dari 42% di tahun sebelumnya. "Selain itu, konsumsi data per pelanggan juga meningkat pesat didorong tumbuhnya layanan video streaming,” ujarnya.

Lokasi 4.5G Xperience Zone yang disediakan oleh XL Axiata bertempat di gerai XPLOR dan XL Center yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G. BTS 4.5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi teknologi pendukung 4.5G yaitu 4x4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).

Untuk tahap awal, proyek ini tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin.

"Pengembangannya lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×