Yuk kenalan dengan kopi nusantara di Rembug Kopi

Rabu, 11 Oktober 2017 | 12:02 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Yuk kenalan dengan kopi nusantara di Rembug Kopi


KOPI - JAKARTA. Komoditas kopi di Indonesia kian maju. Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM kembali menyelenggarakan event promosi bertajuk SMESCO Rembug Kopi Nusantara 2017–Drink Coffee Wear Batik.

Acara tersebut akan berlangsung di Exhibition Hall, Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/10) sampai Jumat (13/10). "Tahun lalu, kami juga sukses menggelar acara tersebut. Kini, kami akan mengemas acara itu lebih berkualitas dan bervariatif dengan mengenalkan wawasan tentang ragam kopi lokal di Indonesia," ujar Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (11/10).

Emilia menambahkan, event ini juga sekaligus sebagai suatu upaya untuk menyatukan potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. 

Sebagai pelaksana teknis dari Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO Indonesia memberi ruang gerak yang leluasa kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimiliki untuk mengekspresikan dan mempromosikan hasil kreativitasnya kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan semakin mengenal produk- produk lokal yang berkualitas.

"Dengan demikian, para pelaku UKM di bidang kopi dapat berkumpul dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah," ujar Emilia.

Emilia berharap, melalui event ini masyarakat, pembisnis, pencinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen dan pengolahan biji kopi serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia. 

"Melalui kegiatan SMESCO Rembug Kopi Nusantara ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini," papar Emilia.

Acara ini didukung penuh oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan Coffee Lover’s Indonesia (CLI), bersama dengan Asosiasi Duta Indonesia (ADI), Uncle John Roasting, d’Excellent-Coffee Class, Maharaja Coffee, Qertoev Coffee, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Indonesian Latte Art Artist (ILAA), dan juga pelaku usaha di bidang kopi lainnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana SMESCO Rembug Kopi Nusantara Lisa Ayodhia menambahkan, acara tersebut juga menampilkan Pameran Produk Kopi Nusantara dan sarana pendukung usaha di bidang kopi.

Nantinya, dalam tiga hari pelaksanaan event tersebut juga akan dibagikan minuman kopi secara gratis. Menurut rencana acara pembukaan SMESCO Rembug Kopi Nusantara akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga.

Pada hari pertama akan ada aneka lomba kopi, seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. 

Kemudian pada hari kedua, digelar brewing fun throwdown "Ngulik Robusta Fine". Selain itu akan ada Pemilihan Duta Kopi, dan lomba busana batik.

Menurut dia, bagi yang ingin mempelajari brewing, dibuka juga Logica Brewing Class pada hari pertama, serta akan dilengkapi pula dengan Cold Brew Demo bersama SCAI dan Latte Art Demo.

Juga ada talkshow menarik seperti  "Successful Coffee Car Seller" pada hari pertama, dan "Specialty Coffee Appreciation–Menghargai Kopi yang Berkualitas". Ada juga bincang-bincang mengenai kaum muda berprestasi dan mengaitkan kopi dengan bisnis di hari kedua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru