kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agustus, PLN Jambi target operasikan SUTET


Kamis, 23 Juni 2016 / 16:18 WIB
Agustus, PLN Jambi target operasikan SUTET


Sumber: Antara | Editor: Dupla Kartini

JAMBI. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Jambi menargetkan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang akan menyuplai listrik dari Gardu Induk Aur Duri ke Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, beroperasi pada Agustus 2016.

Manager PLN Area Jambi, Joni mengatakan, PLN saat ini sedang merampungkan pemasangan cagak tower SUTET. Saat ini, masih ada 24 cagak tower SUTET yang tersisa dan akan dilanjutkan pemasangannya setelah lebaran.

"Totalnya semua ada 100 lebih cagak tower SUTET dari gardu induk Aur Duri yang akan menyuplai listrik ke Gardu Induk Muara Sabak," katanya di Jambi, Kamis (23/6).

Dia menjelaskan, sebenarnya rencana awal pengoperasian SUTET tersebut pada akhir Juni, namun karena kondisi kultur tanah di Tanjung Jabung Timur yang bergambut menyebabkan pemasangannya sedikit lama. "Pemasangannya harus membutuhkan ketelitian yang ekstra," imbuhnya.

Sementara itu, terkait dana kompensasi atas tanah, bangunan yang terdampak pemasangan jaringan SUTET, menurut Joni, merupakan kewenangan dari Unit Induk pembangunan (UIP) dan pihak PLN hanya melakukan pemasangan.

"Masalah lahan yang terdampak itu dari teman-teman UIP yang melakukan pembebasan lahan dan sejauh ini kami yang melakukan pemasangan tidak ada masalah," katanya.

Joni mengatakan, jaringan SUTET tersebut nantinya akan menyuplai listrik ke Gardu Induk Muara Sabak yang berkapasitas 30 megavolt ampere (MVA). Dengan beroperasinya jaringan itu diharapkan bisa mengatasi masalah energi listrik di daerah itu.

"Karena di kabupaten Tanjung Jabung Timur kapasitas dayanya hanya 12-15 MW, rencananya dari gardu induk itu akan disuplai lagi ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat," jelasnya. (Dodi Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×