kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirAsia Group suspensi permanen Traveloka, bagaimana dengan Tiket.com?


Senin, 04 Maret 2019 / 17:58 WIB
AirAsia Group suspensi permanen Traveloka, bagaimana dengan Tiket.com?


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai AirAsia mulai hari ini (4/3) resmi melakukan suspensi terhadap Traveloka sebagai agen penjualan daring atau online travel agent (OTA). Selain itu, AirAsia juga menunggu konfirmasi dari OTA Tiket.com.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengtakan suspensi dilakukan karena Traveloka dalam beberapa waktu terakit tidak menjual tiket AirAsia di situsnya. "Selain itu sejak Sabtu 2 Maret 2019 sampai sekarang email kami belum ditanggapi," katanya.

Pada awalnya kejadian bahwa tiket AirAsia tidak dijual bermula pada sekitar tanggal 12 Februari 2019 kemarin. Beberapa hari kemudian, tiket AirAsia kembali dijual namun tidak seluruh rute yang tersedia muncul di Traveloka.

Selain di Traveloka, tiket AirAsia juga sempat mengalami hal yang sama dari Tiket.com. Saat ini AirAsia juga masih menunggu kejelasan dari Tiket.com. Menurut Dendy akses penjualan tiket secara daring masih bisa diakses lewat situs resmi AirAsia di airasia.com.

Menurut Dendy sejak tidak adanya tanggapan resmi dari pihak Traveloka kepada AirAsia Indonesia terkait isu tersebut maka AirAsia Indonesia memutuskan untuk mensuspensi permanen penjualan lewat Traveloka. "Ini mencederai, atas itulah hari ini efektif kami suspensi penjualan penerbanhan airasia group di seluruh negara," jelas Dendy.

Dendy menambahkan penjualan tiket AirAsia lewat online travel agent menyumbang sekitar 20% pendapatan tiket. Sekitar setengah dari 20% itu berasal dari Traveloka. Kendati demikian, Dendy tidak khawatir penjualan tiket menurun. "Kalau enggak ada di Traveloka mereka akan pergi ke situs airasia.com dengan sendirinya," tambahnya.

Lebih dari itu, ketika ada konsumen Traveloka yang menanyakan tiket AirAsia karena tidak dijual, Traveloka justru meminta pelanggan tersebut untuk membeli tiket maskapai lain. Hal itu terlihat ketika akun instagram @piliarta menanyakan ketersediaan tiket AirAsia ke akun @traveloka.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan. Kami infokan saat ini maskapai AirAsia untuk perjalanan yang kamu inginkan tidak tersedia. Kami sarankan untuk memilih maskapai lain yang tersedia. Terima kasih :) -ND," balas administrator akun Instagram @traveloka pada Sabtu (2/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×