kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ajinomoto menargetkan produksi pabrik di Karawang meningkat 20%


Kamis, 03 Oktober 2019 / 20:24 WIB
Ajinomoto menargetkan produksi pabrik di Karawang meningkat 20%
Varian kemasan Ajinomoto


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ajinomoto Indonesia akan meningkatkan produksi pabriknya yang berada di Karawang hingga akhir tahun. Pertumbuhan tersebut seiring dengan permintaan terhadap produk-produk Ajinomoto yang semakin tinggi. 

"Target tahun ini sebesar 20%," ungkap Direktur Ajinomoto Indonesia, Kepala Pabrik Ajinomoto Karawang, Samsul Bakhri ketika ditemui di Karawang, Kamis (3/10).

Baca Juga: Pembeli mobil Esemka Bima akan mendapat harga khusus Rp 99 juta

Menurutnya, peningkatan produksi hingga akhir tahun itu seiring dengan target pertumbuhan permintaan pasar yang juga sebesar 20%. Hingga saat ini Samsul mengklaim pabrik Ajinomoto di Karawang sudah memenuhi 50% dari target yang diharapkan. 

Adapun saat ini pabrik di Karawang memproduksi sebesar 50.000 ton per tahun dengan utilitas mencapai sudah 75%

Samsul bilang, kenaikan ini salah satunya didukung dengan permintaan pasar yang meningkat. Ia menambahkan, pertumbuhan permintaan yang  lebih baik dibandingkan sebelumnya menunjukkan bahwa produk-produk Ajinomoto bisa memenuhi keinginan pasar. 

Dari sebanyak 9 produk milik Ajinomoto, hanya ada tiga produk yang diproduksi di pabrik Karawang, yakni Masako, Sajiku, dan Saori. 

Baca Juga: Permudah investasi, rekomendasi izin impor barang modal tidak baru akan dicoret

Samsul mengklaim, dari pabrik  di Karawang, Masako menjadi produk yang paling banyak diserap oleh pasar. Diurutan selanjutnya ada Sajiku, lalu disusul dengan Saori. Sayangnya, Samsul enggan menyebutkan detail komposisinya. 

Asal tahu saja, pabrik Karawang setiap harinya bisa memproduksi kurang lebih 136 ton Masako. Dengan rincian, Masako kemasan 10 gram sebanyak 108 ton hingga 110 ton per hari dan Masako kemasan bag type  sebanyak 25 ton hingga 26 ton per hari.  

Selain di Karawang, produksi Masako juga dilakukan di pabrik Ajinomoto di Mojokerto. Jika pabrik di Karawang lebih banyak melayani permintaan pasar di sisi barat, pabrik Mojokerto melayani permintaan pasar di daerah Timur.

Asal tahu saja, hingga saat ini produk-produk Masako hampir menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Adapun distribusi dilakukan melalui PT Ajinomoto Sales  Indonesia yang terbagi menjadi tiga cabang, yakni Medan, Jakarta, dan Surabaya.  Jakarta, dan Surabaya. 

Baca Juga: Ekspor bijih nikel dilarang, pemerintah genjot pengembangan industri hilir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×