kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aksesbilitas dipermudah, wisatawan Makassar-Palembang akan Meningkat


Selasa, 16 Januari 2018 / 23:38 WIB
Aksesbilitas dipermudah, wisatawan Makassar-Palembang akan Meningkat
ILUSTRASI. PEMBANGUNAN MAKASSAR NEW PORT


Reporter: Abdul Basith, Jane Aprilyani | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aksesibilitas pariwisata melalui udara semakin terbuka lebar. Kini giliran poros domestik Makassar dan Palembang yang dipermudah aksesbilitasnya.

Pergerakan wisatawan di kedua kota tersebut dipastikan semakin mudah. Wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara tidak perlu transit di Jakarta kala terbang dari Makassar menuju Palembang atau sebaliknya. Dengan dibukanya rute baru oleh Garuda Indonesia, perjalanan kini jadi semakin nyaman juga efisien dan efektif.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sangat mendukung dengan dibukanya rute baru tersebut. Apalagi, di 2017 silam, jembatan udara (konektivitas) masuk ke dalam program prioritas Kemenpar bersama go digital dan homestay desa wisata.

“Rute baru Makassar-Palembang merupakan terobosan yang luar biasa. Destinasi dan infrastruktur di kedua wilayah tersebut sangat bagus. Respon wisatawan ke sana juga besar. Rute ini juga sangat strategis, terutama bagi daerah di sekitarnya. Artinya, peluang jumlah kunjungan wisatawan akan sama-sama semakin besar,” tegas Arief dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (16/1).

Secara kumulatif, (Januari-November) 2017, jumlah kunjungan wisman ke Sulawesi Selatan mencapai 16.030 kunjungan atau meningkat 7,43% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada tahun 2016 yang berjumlah 14.921 kunjungan.

Sementara Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Palembang pada bulan November 2017 saja mengalami peningkatan sebanyak 1,041 wisman.

Sebelumnya, Garuda membuat langkah strategis dengan flight langsung Makassar-Palembang. Konektivitas ini untuk membantu pengembangan pariwisata di dua wilayah tersebut.

"Sebab, arus wisatawan di sana tinggi termasuk mancanegaranya,” kata Direktur Marketing dan Teknologi Informasi PT Garuda Indonesia Nina Sulistyowati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×