kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazon masuk bikin e-commerce makin inovatif dan memberi pilihan ke pengguna


Rabu, 19 September 2018 / 21:28 WIB
Amazon masuk bikin e-commerce makin inovatif dan memberi pilihan ke pengguna
ILUSTRASI. AMAZON


Reporter: Puspita Saraswati | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kabar masuknya Amazon di Indonesia kembali mencuat. Apalagi perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tengah mengungkapkan rencana tersebut dengan pemerintah.

Para pelaku e-commerce Tanah Air pun membuka pinta kehadiran Amazon. Seperti dari Indonesian Ecommerce Association (IdEA) yang melihat adanya Amazon bisa memberi ragam pilihan bagi konsumen di belanja daring.

“Kalau dari segi pasar, masuknya Amazon bagus untuk menambah pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, sedangkan dari segi pemain ini akan mendorong terjadinya kompetisi karena pemain bertambah,” kata Ignatius Untung, Ketua IdEA kepada Kontan.co.id, Rabu (19/9).

Ignatius bilang, Amazon punya pengalaman dan brand yang cukup bagus meskipun sebenarnya belum pasti dapat menguasai pasar di Indonesia.

“Bicara soal marketplace di Indonesia, pemain terdahulu memiliki kekuatan akses ke konsumen dan penjual, sehingga itu justru menjadi PR besar bagi Amazon untuk masuk bersaing dengan pemain besar di Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, arus pendapatan pemain lokal mungkin bisa berkurang dari sergi porsi dikarenakan adanya persaingan dengan masuknya pemain asing. Namun, menurutnya kondisi ini justru baik untuk pasar karena dapat memicu adanya kompetisi diantara pemain.

Hal serupa juga dikatakan Teddy Oetomo selaku Chief Strategy Officer Bukalapak.

“Indonesia itu negara dengan potensi ekonomi yang sangat besar. Masih banyak ruang yang bisa digarap bersama sama,” terangnya.

Teddy bilang, dengan masuknya Amazon ke Indonesia justru mampu membantu sosialisasi bahkan kedepannya bersama-sama dapat mengembangkan penetrasi digital dan ecommerce di Indonesia.

“Dan bagus juga supaya masing-masing marketplace semakin inovatif dan baik untuk pengguna,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×