kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

APLSI mengapresiasi bila ada pendanaan dari bursa untuk kembangkan energi terbarukan


Kamis, 11 Oktober 2018 / 19:59 WIB
APLSI mengapresiasi bila ada pendanaan dari bursa untuk kembangkan energi terbarukan
ILUSTRASI. ilustrasi energi listrik


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna semakin menarik perusahaan-perusahaan agar mencatatkan diri di bursa, Bursa Efek Indonesia (BEI) gencar memberikan sejumlah insentif. Salah satunya melalui merevisi aturan BEI nomor I.A.1 Kep-00100/BEI/10-2014 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Seperti yang pernah ditulis Kontan.co.id sebelumnya, dengan perubahan aturan ini, nantinya tak hanya perusahaan pertambangan saja yang bisa mencatatkan diri tanpa memiliki pendapatan. 

Namun juga perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi, perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan dan perusahaan plantation bisa mencatatkan diri di BEI meski masih dalam proses eksplorasi.

Dalam hal ini, perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan pantas mendapat sorotan. Apalagi jika dikaitkan dengan proyek kelistrikan, dimana banyak proyek listrik energi terbarukan yang terkendala karena persoalan sulitnya memperoleh pembiayaan.

Juru Bicara Asosiasi Produsen Listrik Seluruh Indonesia (APLSI) Rizal Calvary mengapresiasi jika nantinya akan ada kemudahan Produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) untuk bica mencari pendanaan di lantai bursa. 

Saat ini, lanjut Rizal, pembiayaan masih tergantung pada pinjaman dari perbankan, sehingga jika ada kemudahan untuk mencari pendanaan lewat bursa, itu bisa menjadi alternatif, serta membuat pembiayaan semakin menarik dan variatif.

“Selama ini sumber pembiyaan banyaknya dari perbankan, sedangkan kompetitor perbankan hampir tidak ada. Dengan adanya kemudahan (di bursa), tentu itu bagus sekali. Ini bisa menjadi alternatif, jadi itu menguntungkan IPP” jelas Rizal kepada Kontan.co.id, pada Kamis (11/10).

Apalagi, Rizal bilang, masa depan pengembangan energi kelistrikan melalui Energi Baru dan Terbarukan (EBT) akan sangat menjanjikan. Sehingga, ke depannya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ini bisa memiliki nilai yang baik. 

“Kita melihat masa depan dari energi, itu ada di listrik, dan terlebih EBT. Jadi industri yang bergerak di bidang ini bisa menjadi emiten-emiten favorit ke depannya,” sambung Rizal.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×