kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apresiasi kepedulian Mentan, Himpuli tunggu program pengembangan ayam lokal Indonesia


Senin, 28 Oktober 2019 / 11:22 WIB
Apresiasi kepedulian Mentan, Himpuli tunggu program pengembangan ayam lokal Indonesia
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat mengunjungi ke peternakan ayam lokal di Universitas Muhammadiyah Makassar, Jumat (25/10)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) menyatakan kunjungan kerja pertama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ke peternakan ayam lokal sebagai bentuk kepedulian dan dukungan pemerintah untuk memanfaatkan dan mengenbangkan sumber daya genetik ternak asli negeri sendiri.  

Namun langkah awal itu perlu ditindaklanjuti dalam bentuk program pengembangan yang lebih luas dalam rangka unggas lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Baca Juga: Himpuli desak Kemtan batalkan rencana impor daging bebek Malaysia

Ketua Umum Himpuli, Ade M Zulkarnain, menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pertanian yang baru karena kerja pertamanya meninjau perkembangan usaha peternakan ayam lokal di Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Setelah sertijab beliau langsung terbang ke Makassar adalah bukti kepedulian kepada ternak lokal,” ujarnya Ade kepada Kontan.co.id, Senin (28/10).

Menurut Ade, langkah Menteri Pertanian itu sesuai dengan amanat Undang Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang antara lain menyebutkan bahwa pembudidayaan dan pemuliaan hewan ternak harus mengoptimalkan pemanfaatan keanekaragaman hayati dan pelestarian sumber daya genetik asli Indonesia.

“Setelah kunjungan tersebut perlu tindak lanjut membuat program yang lebih menyeluruh dari hulu sampai hilir tentang usaha peternakan ayam lokal,” tegasnya.

Produksi ayam lokal saat ini, lanjut Ade, memang masih kecil sekali dibandingkan dengan produksi ayam ras. Pada tahun lalu populasi  ayam lokal baru sekitar 320 juta ekor. Bandingkan dengan produksi ayam ras pedaging yang mencapai lebih dari 3,6 miliar ekor. 

Baca Juga: Ditjen PKH baru distribusikan ayam melalui program bekerja di September 2019

“Dengan adanya perhatian dari Menteri Pertanian, harapannya bisa melakukan percepatan program Himpuli untuk menjadikan unggas lokal tuan rumah di negeri sendiri,” dia menambahkan.




TERBARU

[X]
×