kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asian Games dorong animo perusahaan asing berinvestasi properti di Indonesia


Rabu, 03 Oktober 2018 / 17:16 WIB
Asian Games dorong animo perusahaan asing berinvestasi properti di Indonesia
ILUSTRASI. Deretan gedung perkantoran dan apartemen


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesuksesan perhelatan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus lalu rupanya memberikan dampak positif bagi sektor properti di Jakarta. Ajang tersebut membuat minat investor asing berinvestasi properti di Jakarta semakin mengalami peningkatan.

Bagus Adikusumo, Senior Director Office Services Colliers International Indonesia mengatakan, suksesnya pelaksanaan Asian Games membuat pamor Indonesia di luar negeri semakin meningkat. Orang-orang asing yang datang saat perhelatan itu berlangsung pulang ke negara dengan membawa informasi positif tentang Indonesia.

"Impack langsung ke sektor properti, animo investor dari luar negeri semakin positif masuk ke Indonesia. Banyak yang tadinya sudah melakukan study masuk ke Indonesia sebelum Asian Games tetapi kemudian tidak lagi ragu-ragu memutuskan untuk berinvestasi segera dilakukan setelah perhelatan selesai. Banyak juga yang mulai tertarik dan memutuskan melakukan study dulu setelah Asian Games tersebut," kata Bagus di Jakarta, Rabu (3/10).

Bagus bilang, jumlah investor asing yang sudah masuk berparner dengan perusahaan lokal sepanjang tahun ini sudah cukup banyak. Jumlah itu akan semakin bertambah dengan mulai bertambahnya jumlah investor yangs udah mulai melakukan penjajakan baru.

Menurutnya, posisi sektor properti di Indonesia masih sangat menarik bagi asing meskipun secara nasional pasar properti dalam negeri tengah lesu. Pasalnya di mata asing fundamental ekonomi Indonesia masih cukup stabil dan potensi pertumbuhan ekonominya masih besar. Terbukti dari rating yang disematkan oleh lembaga rating dunia ke Indonesia masih mengalami peningkatan.

Bagus menambahkan, investasi asing di sektor properti itu bersifat jangka panjang. Sehingga bagi investor asing, sekarang adalah waktu yang tepat masuk ke Indonesia memulai pengembangan saat pasar masih lesu dengan membidik lahan-lahan premium terutama di Jakarta. Mereka yakin industri properti akan mengalami kenaikan dalam jangka panjang.

Selain ditopang oleh Asian Games, animo investor asing masuk ke properti Indonesia juga didukung oleh depresiasi rupiah. Bagus mengatkana, saat dollar menguat, investor merasa saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk masuk ke Indonesia. Biaya investasi mereka akan lebih murah tetapi potensi keuntungan yang besar ke depan.

Menurut Bagus, investor asing yang masuk dan sedang melakukan study saat ini berasal dari Jepang, Korea, Hongkong, Singapura, Cina dan Timur Tengah. "Kebanyakan memang masih dari Jepang karena di negara mereka investasi memang tidak bisa berkembang lagi sehingga mereka cari negara-negara lain yang potensinya masih besar. Dari data kami yang sudah masuk tahun ini banyak tetapi belum samapi 10 investor. Namun yang sedang studi banyak sekali," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×