kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asyik, penumpang Citilink bisa nikmati WiFi gratis di pesawat mulai 28 Desember


Rabu, 14 November 2018 / 16:51 WIB
Asyik, penumpang Citilink bisa nikmati WiFi gratis di pesawat mulai 28 Desember
ILUSTRASI. Citilink Indonesia


Reporter: kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai penerbangan Citilink Indonesia bakal meluncurkan fasilitas Free WiFi di dalam pesawat mulai 28 Desember 2018. Penumpang bisa menikmati layanan internet gratis saat terbang bersama Citilink Indonesia dengan total kuota per sesi yaitu 50 megabyte. 

"Layanan inflight wifi ini merupakan terobosan baru dari Garuda Indonesia. Garuda Indonesia merupakan maskapai pertama Indonesia yang melayani connecting system wifi di penerbangan domestik," kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo dalam acara soft launching layanan Free WiFi Garuda Indonesia Group di Jakarta, Rabu (14/11). 

Menurut Juliandra, layanan Free Wifi di pesawat dilakukan memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital. Juliandra menambahkan bahwa persaingan ketat dalam industri penerbangan saat ini kian menuntut Garuda Indonesia Group untuk memiliki visi teknologi (tech savvy) dan mengoptimalkan layanan yang modern dan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan masa kini. 

"Inflight (WiFi) gratis ini untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang belum tersentuh seperti generasi milenial yang suka bepergian," ujarnya. Adapun layanan Free WiFi dioperasikan pertama di satu pesawat Citilink bertipe AirBus 320. 

Juliandra menambahkan, layanan Free WiFi di Citilink Indonesia akan dioperasikan di seluruh pesawat Citilink Indonesia khusus rute domestik. Menurut Presiden Direktur PT Mahata Aero Teknologi, Muhamad Fitriansyah selaku operator Free WiFi Garuda Indonesia Group, kecepatan internet di dalam pesawat bisa mencapai 50 mbps. 

Ia melanjutkan, layanan WiFi nantinya bisa digunakan penumpang setelah pesawat terbang di ketinggian di atas 30.000 kaki. "Setelah 50 habis, nanti bisa tambah kuota lagi gratis. Kelipatan 50 MB," kata Muhamad Fitriansyah. 

Dalam penyediaan fasilitas free inflight connectivity ini, Garuda Indonesia Group melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan. 

GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS). 

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak. (Wahyu Adityo Prodjo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 28 Desember, Penumpang Citilink Bisa Nikmati WiFi Gratis di Pesawat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×