kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Karantina Pertanian terapkan 5 kebijakan strategis untuk ungkit ekspor


Selasa, 24 November 2020 / 21:42 WIB
Badan Karantina Pertanian terapkan 5 kebijakan strategis untuk ungkit ekspor
ILUSTRASI. Pekerja menata sayuran sawi hasil panen yang melimpah di Tumpang, Malang, Jawa Timur, Senin (1/6/2020). Badan Karantina Pertanian terapkan 5 kebijakan strategis untuk ungkit ekspor.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA, Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat nilai ekspor pertanian periode Januari - Oktober 2020 mengalami peningkatan 12,09% menjadi Rp 37,5 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, mengatakan lonjakan ekspor pertanian itu tak terlepas dari kebijakan Kementan yang mendukung ekspor di masa pandemi.

“Berdasarkan apa yang disampaikan bapak Menteri Pertanian dari data BPS di masa pandemi ini. Dapat kita katakan kinerja pertanian termasuk ekspor pertanian tumbuh baik dibandingkan periode sama tahun lalu,” ujar Ali dalam Diskusi Webinar yang diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) dan Badan Karantina Pertanian bertemakan “Ekspor Pertanian : Strategi dan Peluang, Selasa (24/11).

Dalam diskusi tersebut hadir tiga pembicara yaitu Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil; Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB University, Sahara  dan Eksportir Tanaman Hias, Ricky Subagja.

Baca Juga: Agar ekonomi bisa pulih tahun depan, berikut sektor bisnis yang bisa digerakkan

Menurut Ali, Kementan memiliki lima kebijakan strategisnya dalam menyukseskan Gerakan Tiga kali Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan Menteri PertanianSyahrul Yasin Limpo, yang diharapkan pada akhir 2024 ekspor Indonesia mencapai Rp1.800 triliun dari Rp 550 triliun pada 2019.

Adapun lima kebijakan strategis tersebut yaitu pertama, meningkatkan volume ekpor dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan stakeholder untuk melakukan terobosan dan inovasi kebijakan ekspor (3K). 

Kedua, menambah negara mitra dagang melalui  kerjasama dan harmonisasi aturan protokol karantina baik bilateral maupun multilateral. 

Ketiga, mendorong pertumbuhan eksportir baru dengan cara Kementan mendorong tumbuhnya agropreneur berorientasi ekspor.

Keempat, menambah ragam komoditas ekspor melalui mendorong ekspor dalam bentuk olahan, kerjasama dengan pemerintah daerah & stake holder menggali potensi daerah (iMace) dan mendorong tumbuhnya investasi.

Baca Juga: Indonesia ekspor cabai kering 21 ton ke Pakistan

 Kelima, meningkatkan frekuensi pengiriman dengan percepatan layanan ekspor.

“Seperti teman-teman ketahui, Pak Menteri punya program  dalam lima tahun ada 2,5 juta petani milenial. Setiap tahunnya 500 ribu orang. Selain itu, kami juga mengapresiasi program Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang meminta 1.000 petani milenial untuk menggarap hektare lahan tidur milik pemerintah," ujar Jamil.

Selanjutnya, Ali mengatakan menambah ragam komoditas ekspor dengan mengeksplor ragama komoditas, seperti tanaman hias yang memiliki banyak ragam.” Arahan Presiden dan Menteri jangan lagi mengekspor dari hulunya, karena permintaan hilirnya masih unlimited” ujar Jamil.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×