kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagaimana cara tepat pilih asuransi rumah?


Kamis, 04 Mei 2017 / 18:35 WIB
Bagaimana cara tepat pilih asuransi rumah?


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Kemalingan, kebanjiran, hingga kebakaran merupakan risiko yang dapat terjadi di dalam rumah. Apakah Anda mengetahui jika risiko tersebut akan ditanggung oleh asuransi rumah?

Ada begitu banyak pilihan asuransi properti yang sekarang ini mulai gencar ditawarkan, apalagi untuk asuransi rumah. Dengan begitu banyak pilihan perusahaan asuransi, Anda pun dituntut membandingkan serta memilih produk  yang mempunyai perlindungan sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai variasi produk pun ditawarkan, ada yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran, hingga perlindungan yang menyeluruh untuk berbagai macam risiko yang terjadi pada harta benda yang dimiliki di rumah.

Dengan berbagai macam risiko yang dapat terjadi di rumah, pilihan pun mengarah pada produk yang mempunyai perlindungan menyeluruh. Di sini perlu teknik untuk memilih perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang dapat memberi perlindungan atau proteksi risiko pada hunian. Berikut hal yang perlu diperhatikan: 

Biaya dan pertanggungan

Hal ini sering menjadi faktor yang menentukan keputusan Anda. Karena, pasti Anda akan berhitung berapa besaran dana yang harus Anda bayar serta keluarkan. Selain itu, berapa nilai pertanggungan yang akan diperoleh. Nilai pertanggungan ini yang akan diterima ketika klaim.

Anda  pasti tidak ingin risiko yang akan menimpa Anda. Besaran nilai pertanggungan harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai Anda menerima nilai pertanggungan namun dana tidak cukup untuk pembangunan rumah baru. 

Proses klaim

Sudah pasti Anda tidak ingin risiko buruk ini terjadi. Tetapi, jika memang terjadi, Anda harus melakukan klaim kerugian ke perusahaan asuransi yang telah Anda daftar. Pertanyaan yang bisa timbul ialah sulit atau tidak klaim yang akan dilakukan pada akhirnya?

Oleh sebab itu saat membandingkan perusahaan asuransi, Anda bisa bertanya mengenai prosedur klaim yang berlaku di tiap perusahaan yang memiliki produk asuransi rumah ini.

Ketahui jaminan

Sebagai seorang konsumen, memang posisi Anda lebih diuntungkan karena begitu banyak perusahaan asuransi yang memberikan penawaran berbagai produk. Karena dengan demikian, Anda memiliki banyak pilihan produk. Hal yang harus Anda perhatikan ialah perlindungan dari masing-masing produk. Apa saja hal yang terlindungi oleh perusahaan? 

Sumber: Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×