kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banjir Manado, PLN: 99% Listrik kembali normal


Selasa, 19 Januari 2021 / 06:43 WIB
Banjir Manado, PLN: 99% Listrik kembali normal
ILUSTRASI. Jaringan transmisi listrik PLN.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga hari pasca banjir yang melanda beberapa titik di kota Manado, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menormalkan hampir seluruh pasokan listrik yang sebelumnya sempat terhenti. 

Dari total 793 gardu terdampak dari bencana alam tersebut, sebanyak 789 gardu sudah kembali beroperasi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo Leo Basuki mengatakan, terdapat 793 gardu yang terhenti pasokan listriknya selama banjir yang melanda Manado. 

"Tapi melihat cuaca yang semakin membaik dan dipastikan aman, kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menyalakan kembali sistem kelistrikan secara bertahap sesuai SOP. Hasilnya 789 gardu saat ini sudah bisa melayani kembali,” terang Leo lewat keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (19/1) petang.

Baca Juga: PLN normalkan 88% gardu di Manado, listrik 77.034 pelanggan kembali menyala

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati mengingat cuaca yang masih tidak menentu. Apabila hujan turun agar dapat memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman, dan segera melaporkan ke PLN apabila ada jaringan atau pohon yang berpotensi bahaya terhadap keselamatan.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore demi kemudahan layanan.

Hingga Senin (18/1) pukul 15.00 WITA tersisa empat gardu yang masih dalam proses pemulihan oleh PLN yang melayani sebagian Ternate Tanjung dan Paleloan.

Pemulihan infrastruktur kelistrikan di Manado, tidak terlepas dari kerja keras PLN, tidak kurang dari 138 personil dikerahkan untuk mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan kembali. Petugas PLN menginventarisir infrastruktur yang terdampak dan melakukan penormalan kembali serta memastikan keamanan ketika listrik dinyalakan.

Selanjutnya: Bunga deposito BCA turun lagi jadi 3%, cek daftar bunga deposito terbaru bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×