kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bayer Indonesia luncurkan program pemberdayaan 4 juta petani


Sabtu, 12 Desember 2020 / 14:57 WIB
Bayer Indonesia luncurkan program pemberdayaan 4 juta petani
ILUSTRASI. Petani memanen padi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayer Indonesia luncurkan program ‘Better Life Farming’, program pemberdayaan 4 juta petani. Melalui program tersebut diharapkan dapat mewujudkan korporasi petani dan mendukung petani muda.

Country Commercial Lead Crop Science Bayer Indonesia & Malaysia Patrick Gerlich menyebutkan program ini merupakan bentuk dari program berkelanjutan Bayer dengan IFC, Netafim, dan Swiss-Re untuk menjangkau 4 juta petani yang mana 20% merupakan petani perempuan. Selama kurun waktu 2020-2030 direncanakan berlokasi di 17 provinsi, demi mendukung terwujudnya pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Konsep program Better Life Farming ini sejalan dengan strategi pemerintah untuk mengembangkan korporasi petani dan menjangkau 2,5 juta petani muda. Di mana kelompok tani dan petani akan diberi bimbingan pelatihan on-farm serta kewirausahaan dan difasilitasi akses pembiayaan, asuransi pertanian, serta akses pasar.

Program Better Life Farming juga bertujuan mendukung visi pertanian jangka menengah Pemerintah Indonesia 2020-2024 yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan ketahanan pangan dan daya saing pertanian.

Mengacu pada Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2020-2024, korporasi petani yang dibangun dengan sistem industri tani yang terpadu dalam mengembangkan skala usaha tani akan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang kerap dijumpai petani. Sebabnya, banyak petani mengalami kesulitan dalam menjual hasil panen sehingga menyebabkan menurunnya pendapatan mereka. Keadaan ini semakin terancam dalam masa pandemi ini.

“Kami bertemu langsung dengan para petani yang cenderung mengalami kesulitan selama pandemi. Ini menjadi ancaman kepada potensi produksi pangan nasional yang jika dikelola dengan tepat akan bermanfaat bagi kesejahteraan petani," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Sabtu (12/12).

Baca Juga: Kadin ikut membenahi sektor fundamental pertanian

Melalui Better Life Farming Center (BLFC), Bayer dan mitra membuka akses teknologi dan pendidikan serta pendampingan termasuk akses pembiayaan bagi para petani agar mereka dapat mengelola bisnis pertanian secara profesional dan layak secara komersial.

Persebaran Better Life Farming Centers (BLFC) ditargetkan akan tumbuh dengan jumlah 4.000 kios BLFC sepanjang 2020-2030. Di mana setiap tahunnya BLFC diharapkan dapat menjangkau hingga empat desa atau sebanyak 1.000 petani / desa.

Pada tahun 2020, area program Better Life Farming telah mencakup wilayah Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat. Pada 8 Desember 2020, peresmian BLFC di Tulungagung, Jawa Timur, telah dilakukan, diikuti dengan peresmian BLFC di Serang, Banten, pada 11 Desember 2020.

Seluruh BLFC dibina dan dikembangkan oleh Bayer bersama para mitra, dengan pelatihan serta pendampingan intensif kepada pemilik maupun pengelola. Sehingga BLFC dapat menjadi pusat pengembangan terpadu bagi para petani sekitar terutama dalam membuka akses ke pasar hingga pinjaman modal usaha.

Program Better Life Farming di daerah Tulungagung sendiri sukses menjangkau lebih dari 1.500 petani dan mampu meningkatkan produktivitas tanaman pangan lebih dari 25% serta kenaikan pendapatan petani lebih dari 75%. Sedangkan adanya BLFC di Banten sukses menjangkau lebih dari 3.200 petani dengan kenaikan produktivitas tanaman pangan lebih dari 25% dan pendapatan petani lebih dari 50%.

Selanjutnya: Wacana penarikan pajak progresif atas kepemilikan tanah kembali mengemuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×