kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bedanya pekerjaan desainer dan dekorator interior


Senin, 17 Oktober 2016 / 17:14 WIB
Bedanya pekerjaan desainer dan dekorator interior


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Desainer interior dan dekorator interior memiliki lingkup kerja yang berbeda, meski tampaknya mereka mengerjakan hal yang sama. Ada perbedaan yang jelas pada keduanya ketika berhubungan dengan pekerjaan mendesain ruangan.

Secara umum, desainer interior harus menjalani proses pendidikan resmi untuk mempelajari hal-hal terkait desain interior. Sedangkan dekorator tidak perlu, sehingga seseorang bisa mempelajarinya secara otodidak.

Adapun dua poin yang umum untuk membedakan desainer interior dengan dekorator interior, yaitu:

1. Segi Pelatihan

Desainer interior akan mengikuti pendidikan formal yang khusus sehingga bisa mempelajari banyak hal terkait warna, struktur, menggambar, perancangan ruang, arsitektur, furnitur, dan lain-lain. Ketika bekerja, desainer interior bakal dilibatkan dalam perancangan dan renovasi ruangan sedari awal pengerjaan. 

Sedangkan dekorator interior tidak harus mengikuti pendidikan formal. Siapa pun yang tertarik bisa mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan desain dan dekorasi secara otodidak. Cakupan kerjanya biasnya dimulai saat bangunan sudah rampung atau selesai direnovasi, di mana seorang desainer interior akan membantu dalam pemilihan konsep, warna, furnitur, dan aksesoris apa yang bagus dalam sebuah ruangan.  

2. Segi Relasi

Desainer interior biasanya bakal bekerja sama dengan arsitek dan kontraktor. Profesi ini membuat mereka bisa memiliki sertifikat profesi agar terlihat profesional untuk menjangkau dan menjalin relasi bisnis yang lebih besar dan luas.

Sedangkan dekorator interior biasanya hanya terlibat dalam hubungan dengan klien, atau menjalin relasi dengan pembuat furnitur dan profesional sejenis, untuk kebutuhannya mendekorasi ruangan.

Sehingga bagi Anda akan merenovasi struktur bangunan, maka carilah jasa desainer interior. Sementara bagi Anda yang hanya ingin mendapatkan bantuan dalam hal penataan gaya, pemilihan warna cat, furnitur, dan sebagainya, maka cukup memilih dekorator interior.

(Sumber : Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×