kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini capaian kinerja produksi migas sejumlah anak usaha Pertamina


Senin, 27 Juli 2020 / 10:39 WIB
Begini capaian kinerja produksi migas sejumlah anak usaha Pertamina
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan bagian luar Gedung Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Kamis (6/11). Begini capaian kinerja produksi migas sejumlah anak usaha Pertamina. FOTO ANTARA/Andika Wahyu/nz/11.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha di sektor hulu terus berupaya mencapai target dengan tetap melakukan pengeboran dan mengoptimalkan produksi di tengah berbagai tantangan terkait pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak April 2020 lalu.
 
Berdasarkan data per Juni 2020, secara total produksi minyak dan gas bumi Pertamina Group baik untuk aset domestik maupun internasional mencapai 884,1 MBOEPD (ribu barel setara minyak per hari), dengan rincian produksi minyak bumi sebesar 414,4 KBOPD (ribu barel minyak per hari) dan produksi gas bumi sebesar 2.721 MMSCFD (juta kaki kubik per hari).

Baca Juga: Laba Sillo Maritime (SHIP) naik 22,55% pada kuartal I-2020, pendapatan turun tipis
 
Dua anak perusahaan hulu Pertamina pun mencatat kinerja positif dengan mencapai target produksi sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) revisi, yakni PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan realisasi produksi sebesar 107% atau 30.459 BOPD dan PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) sebesar 101% atau 12,3 KBOPD.

Sementara itu, tiga anak perusahaan Pertamina lainnya, yakni PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mencatat realisasi produksi hingga 99,9% (82,2 KBOPD), PT Pertamina EP (PEP) sebesar 99% (80,5 KBOPD), dan PT Pertamina Internasional EP (PIEP) sebesar 96% (99,4 KBOPD).
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, sesuai RKAP revisi, PHM dan PHSS berhasil melampaui target operasi setelah mencatatkan performa baseline atau produksi eksisting yang lebih baik dan ditambah dengan produksi dari well intervention atau intervensi sumur.
 
Untuk produksi gas bumi, anak usaha yang berhasil melampaui target adalah PHE dengan realisasi produksi mencapai 102% atau 800,4 MMSCFD. Pencapaian tersebut ditopang dari Blok ONWJ (Offshore North West Java) dengan produksi tercatat di atas target karena baseline yang baik, keandalan fasilitas, dan production losses yang minimal.

Baca Juga: Ahok: Kalau Pertamina kaya, rakyat juga kaya

Di sisi lain, PHE juga terus berkoordinasi dengan konsumen dan SKK Migas untuk mengoptimalkan penyerapan dan penyaluran gas di tengah tantangan penurunan permintaan. Hal tersebut juga menjadi faktor yang mendorong meningkatnya penyerapan gas di Blok Jambi Merang maupun Blok Tomori.
 
Anak usaha Pertamina yang lain, yakni PHI, PEP, dan PIEP mencapai realisasi produksi berturut-turut sebesar 99% (745 MMSCFD), 94% (876 MMSCFD), dan 91% (277 MMSCFD).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×