kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis sewa kendaraan tersulut musim mudik Lebaran


Minggu, 13 Mei 2018 / 17:46 WIB
Bisnis sewa kendaraan tersulut musim mudik Lebaran
ILUSTRASI. Bus pariwisata White Horse milik PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA)


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah menjadi rutinitas masyarakat perkotaan ketika memasuki libur lebaran akan menggunakan waktu tersebut untuk mudik. Aksi berburu tiket mudik lebaran pun sudah ramai sejak awal puasa yang jatuh pada pekan depan.

Tak hanya kendaraan umum yang akan tersulut dengan banyaknya pesanan dari pemudik tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi pun akan kedapatan berkah dari tingginya permintaan kendaraan untuk mudik lebaran.

PT Blue Bird Tbk (BIRD) misalnya menyatakan musim mudik lebaran akan memacu bisnis sewa kendaraan miliknya. Di bawah bendera Big Bird, perusahaan menawarkan jenis kendaraan Toyota HiAce, Isuzu Elf dan Alpha Bus untuk mudik.

Michael Tene, Head of Investor Relations PT Blue Bird Tbk mengatakan tahun ini perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap rute-rute tujuan mudik. Salah satunya adalah bisa memperluas rute-rute tujuan mudik.

"Apabila dibutuhkan kami bisa perluas, apalagi rencananya lebaran ini Jakarta sampai Surabaya sudah bisa terhubung dengan tol," ujar Michael kepada Kontan.co.id awal pekan lalu.

PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) juga meluncurkan Weha Mudik yang bekerjasama dengan platform online. Perusahaan menawarkan tujuan perjalan mudik terjadwal dengan bus White Horse Premier Series berkapasitas 47 kursi dan 59 kursi.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, salah satu yang menjadi andalan adalah Paket Mudik Jalan Mudik Rame-Rame (Jamurr). Rute perjalanan dari Jakarta, Tegal, Pemalang, Brebes, Semarang, Solo, Gombong, Kebumen dan Yogyakarta. Sayang manajemen belum mau mebeberkan lebih lanjut terkait dengan program tersebut.

Sementara itu, PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menyampaikan tidak terlalu fokus pada musim mudik lebaran. Hal ini karena segmentasi pasar perusahaan saat ini lebih banyak didominasi oleh pelanggan korporasi ketimbang individu.

"ASSA targetnya corporate, jadi untuk sewa retail kontribusinya kecil. Juga ASSA tidak menyediakan khusus untuk sewa mudik," ujar Hindra Tanujaya, Direktur ASSA kepada Kontan.co.id.

Selain itu, dirinya juga mengatakan perusahaan tidak ada kerjasama dengan paltform online untuk menyewakan kendaraan selama musim mudik. Sehingga efek musim mudik lebaran terhadap perusahaan tidak akan terlalu berasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×