kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah penyebaran virus corona, Pelni karantina penumpang dan awak kapal KM Dorolonda


Jumat, 17 April 2020 / 22:58 WIB
Cegah penyebaran virus corona, Pelni karantina penumpang dan awak kapal KM Dorolonda
ILUSTRASI. Petugas medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel menaiki KM Lambelu saat bersandar di Pelabuhan Peti Kemas, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/4/2020).


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sesuai dengan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan di Ternate melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 259 orang penumpang yang turun serta 134 orang petugas KM Dorolonda saat tiba pada Kamis (16/4) di Pelabuhan Ternate.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro menyampaikan, berdasarkan hasil pemeriksaan terdapat 3 penumpang asal Jakarta yang terindikasi serta 19 orang petugas kapal yang terindikasi tanpa gejala. 

Baca Juga: Cegah penyebaran corona, Pelni sesuaikan operasional kapal

Berdasarkan pertimbangan dan arahan bersama otoritas setempat, para petugas tersebut diturunkan di Ternate untuk melakukan karantina dan melaksanakan pemeriksaan lanjutan dengan pengawasan dari Manajemen, KKP, dan otoritas pelabuhan.

"Seluruh petugas dan penumpang yang terindikasi telah berada di tempat karantina yang disediakan oleh Pemerintah setempat. Sedangkan kapal diberikan izin untuk diberangkatkan ke Bitung dengan membawa muatan. Kami akan terus mengawasi dan memantau perkembangan kesehatan para petugas," ujar Yahya dalam keterangan resmi, Jumat (17/4).

Yahya menjelaskan, setibanya di Bitung pada Kamis (16/4), kapal akan segera diberangkatkan kembali ke Pelabuhan Tg. Priok, Jakarta pada Jumat pagi (17/4) untuk melakukan karantina. KM Dorolonda merupakan salah satu kapal milik PT PELNI dengan kapasitas 2000 pax. Kapal ini memiliki rute pelayanan Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Baubau - Namlea - Ambon - Ternate - Bitung - Ternate - Ambon - Namlea - Baubau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

Perusahaan secara aktif melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal. Dalam menghadapi pandemi Covid-19, seluruh petugas kapal telah diinstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan serta menjalankan seluruh SOP Kesehatan sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait penanganan COVID-19. 

Baca Juga: Pelni mengarantinakan petugas kapal di atas KM Lambelu

Manajemen juga telah melengkapi seluruh petugas kapal dengan APD serta membekali multivitamin sebagai upaya dalam meningkatkan imunitas para ABK.




TERBARU

[X]
×